Mengajar Lintas Pulau

668
Nila Viviana Suryani (ISTIMEWA)
Nila Viviana Suryani (ISTIMEWA)

DARA yang tergabung dalam Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP), Nila Viviana Suryani ini selalu meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan mengajar di berbagai kepulauan di belahan negeri Indonesia. Bahkan, hal itu telah ia lakoni sejak masih berstatus mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip.

Ia mengaku, kegiatan mengajarnya ini semakin aktif sejak dirinya mengikuti program 1000 guru yang mencakup 35 Regional Indonesia. Program tersebut, menyasar daerah terpencil dan sekolah yang mengalami kekurangan guru. “Sampai sekarang masih aktif. Cuma kalau sekarang sudah bekerja, jadi ya mengambil cuti setiap ada kegiatan. Pokoknya, bos saya sudah tahu kalau cuti pasti ikut kegiatan,” ujar karyawati UPB Bendungan Jatibarang itu.

Viviana mengatakan, banyak pengalaman yang ia dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut. Selain berbagi ilmu, ia mengaku mendapat banyak ilmu dari teman-teman se-komunitasnya. “Selain itu, saya juga bisa sharing dengan teman-teman mengenai ilmu pendidikan,” imbuhnya.

Menurutnya, mengajar merupakan hobinya selama ini. Ia bahkan tak masalah dengan banyaknya materi yang dikeluarkan saat mengikuti kegiatan tersebut. “Ngeluarin uang banyak nggak masalah sih. Karena mengajar buat saya sudah hobi,” tandasnya. (tsa/ida)