Wakil Tuan Rumah Sukses Melaju ke Semifinal

Djarum Foundation Kejurkot Bulu Tangkis Tidar Cup Xviii

1386
TANGGUH: Pemain tuan rumah Kota Magelang, Ghifari dari Surya Tidar Magelang (kiri), melangkah ke semifinal tunggal dini putra usai mengalahkan Surya Maulana dari Karang Ayem Temanggung. (TAUFIQ RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TANGGUH: Pemain tuan rumah Kota Magelang, Ghifari dari Surya Tidar Magelang (kiri), melangkah ke semifinal tunggal dini putra usai mengalahkan Surya Maulana dari Karang Ayem Temanggung. (TAUFIQ RIKHOYADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

MAGELANG – Pemain unggulan tunggal dini putra dan tunggal anak putra Kota Magelang berhasil melangkah ke babak semifinal Djarum Foundation Kejurkot Bulutangkis Tidar Cup XVIII. Unggulan satu tunggal dini putra, Rio, dan unggulan satu tunggal anak putra, Khanif, tidak kesulitan mengalahkan lawan-lawannya.

Hasil pertandingan Rabu (13/12) kemarin di GOR Djarum Magelang, Jalan Beringin VI/78, Kota Magelang, kedua pemain binaan klub Perkumpulan Bulutangkis (PB) Surya Tidar Magelang itu mencatatkan kemenangan straight set. Pada babak delapan besar, Rio memenangi lama delapan besar melawan M Zoyad dari Pancing Jogja.

Rio yang penuh percaya diri pada babak pertama maupun kedua, mencatatkan kemenangan jauh 21-10, 21-8. Kemenangan dua set inipun, juga dicatatkan saat melakoni laga penyisihan sebelumnya. Khanif yang memasuki tahun terakhir di usia anak, tampil dominan saat melakoni laga melawan Shaka, atlet binaan PB Jaya Raya Seturan Jogjakarta.

Game pertama menang dengan keunggulan 21-9. Berlanjut game kedua, Shaka justru seolah kehilangan motivasi untuk menyerang dan menyamakan kedudukan. Berkali-kali pengembalian bolanya selalu keluar lapangan. Khanif yang terus menekan dengan smash-smash keras akhirnya menutup laga dengan kemenangan telak 21-7.

Pelatih Surya Tidar Magelang, Hana Puspita Santoso, mengaku puas dengan pencapaian ini. “Karena main sebagai unggulan, tentunya harus sebanding permainannya. Harus mengeluarkan kemampuan mereka. Tinggal semifinal nanti mereka harus lebih baik lagi,” jelasnya di sela pertandingan kemarin.

Selain Rio, pemain Surya Tidar Magelang lainnya yang melaju ke babak empat besar di kelas tunggal dini putra yaitu Ghifari. Turun sebagai non unggulan, ia mampu mengalahkan unggulan empat Surya Maulana dari Karang Ayem Temanggung 21-15, 21-19. Rio maupun Ghifari, keduanya berkesempatan maju final. Sebab, menempati bagan yang berbeda. Semifinal Rio akan ditantang Isramufic (Karang Ayem Temanggung), sedangkan Ghifari menghadapi unggulan dua Tatag dari Pancing Sleman.

Adapun di tunggal anak putra, selain Khanif ada Hisyam, juga dari Surya Tidar Magelang, yang tampil di semifinal. Sebelumnya Hisyam memetik kemenangan atas Salim dari Jaya Raya Seturan. Khanif dan Hisyam pun berkesempatan bertemu di final.  Pada babak empat besar, Khanif akan melawan Alan Putra (Pancing Sleman) dan Hisyam melawan Keanu (Mataram Raya Jogjakarta).

Sementara, semifinalis tunggal dini putri Djarum Foundation Kejurkot Bulutangkis Tidar Cup XVIII, ditempati oleh unggulan satu Salma (Daya Manunggal Kabupaten Magelang), Salsabila (Bintang Utara), Rari Joase (Pancing Sleman) dan Winda (Surya Tidar Magelang). Sedangkan semifinalis tunggal anak putri, didominasi pemain dari PB Pancing Sleman. Yakni Chelseia, Sayidah dan Yekti. Satu tempat lainnya disabet oleh Fahma (Jaya Raya Seturan). Chelseia akan bermain derby dengan Sayidah untuk berebut tempat final, serta Yekti menghadapi Fahma. (fiq/bas)