Darah Tinggi, Ereksi Rendah

755

Tanya dr Andi:

Saya punya darah tinggi sejak lama, biasanya tensi 160/100, akibatnya ereksi saya jadi kurang maksimal. Ini saya alami sudah beberapa bulan. Apakah ini akibat darah tinggi dok? Bagaimana agar bisa ereksi normal lagi dok? Terimakasih dr Andi.

(AE di S)

Jawab dr Andi:

Hipertensi/ tekanan darah tinggi kriterianya adalah tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih. Ini harus diukur beberapa kali dan dalam keadaan tenang, barulah disebut tekanan darah tinggi. Penyebab: 1. Hipertensi primer: tidak ditemukan penyebabnya. 2. Hipertensi sekunder: ditemukan penyebab: misalnya gangguan ginjal, jantung, tingginya kadar kolesterol, atherosklerosis/ kekakuan pembuluh darah dan lain-lain.

Tekanan darah tinggi ini bisa mengakibatkan kerusakan di organ target, yaitu di mata (perdarahan kapiler), ginjal (gagal ginjal), jantung (penebalan dinding jantung, kerusakan katup dll), otak (stroke, perdarahan di otak) , pembuluh darah di seluruh tubuh, serta disfungsi ereksi.

Untuk mencegahnya: 1. Tekanan diperiksa secara berkala. Dokter akan memberikan saran hidup sehat: rajin olah raga, makan nutrisi yang seimbang, istirahat yang cukup, hindari stres berlebihan dan obat atihipertensi yang cocok. 2. Mengecek faktor risiko hipertensi: kadar kolesterol, trigliserida, asam urat, lab fungsi ginjal, fungsi jantung, serta kadar hormon. 3. Disarankan melakukan hubungan suami istri secara teratur, agar kadar hormon terjaga. Bila ereksi sulit, memang harus ada pemeriksaan dulu secara menyeluruh seperti di poin nomor 2.

Saat ini sering terjadi gangguan ereksi pada usia relatif muda, 25tahun pun sudah mulai terkena risiko ini. Penyebabnya adalah gaya hidup masa kini yang kurang aktivitas, banyak stres pikiran, dan makanan yang banyak pengawet, pewarna dan bahan kimiawi, serta pekerjaan yang banyak duduk/kurang gerak. Walaupun sibuk di jaman modern ini, tapi usahakan pikiran yang lebih santai. Seperti kata slogan: serius tapi santai.

(www.dokterAndi.com)