Jadi Kado Wisuda, Ulang Tahun hingga Perkawinan

Rofiqoh, Mahasiswi Kreatif Ciptakan Edelweiss in Frame

2827
KREATIF: Rofiqoh (kiri) dan rekannya Lidya Puspita menunjukkan hasil kerajinan tangan Edelweiss in Frame. (DOKUMEN PRIBADI)
KREATIF: Rofiqoh (kiri) dan rekannya Lidya Puspita menunjukkan hasil kerajinan tangan Edelweiss in Frame. (DOKUMEN PRIBADI)

Di sela kuliah, Rofiqoh dibantu temannya Lidya Puspita menekuni usaha pembuatan figura unik berbahan dasar bunga Edelweiss. Namanya Edelweiss in Frame. Seperti apa?

JOKO SUSANTO.

RADARSEMARANG.COM, DUA gadis duduk lesehan di karpet warna merah. Di depannya terdapat kardus berisi penuh bunga Edelweiss. Beberapa bunga yang hanya ditemukan di pegunungan itu juga sudah dicat warna-warni.

Di dekat kardus, juga ada peralatan kerja untuk membuat kerajinan tangan. Ada gunting, cutter, plester, double tip, dan lainnya. Lewat tangan terampil keduanya, bunga Edelweiss tersebut dibuat menjadi hiasan yang bernilai jual tinggi. Yakni, figura dengan hiasan dari bunga Edelweiss warna-warni.

Dua gadis kreatif tersebut adalah Rofiqoh dan Lidya Puspita. Rofiqoh tercatat sebagai mahasiswi jurusan akuntansi STIE Selamat Sri (STIESS) Kendal. Sedangkan Lidya, rekannya, adalah alumni jurusan Manajemen Universitas Semarang (USM).

Rofiqoh mengaku, baru 3 bulan menekuni usaha tersebut, tepatnya September 2017 lalu. Dara kelahiran Kendal, 20 Mei 1998 ini melihat ada peluang bisnis dari bunga Edelweiss. Ia pun putar otak, hingga muncul ide membuat frame dari bunga tersebut.

Mahasiswi semester 3 ini mengerjakan kerajinan handmade yang diberi nama Edelweiss in Frame tersebut di rumahnya, Desa Magelung RT 3 RW 4 Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal. Dalam seminggu, dibantu Lidya, ia mampu membuat 20 Edelweiss in Frame.

Menurutnya, jumlah tersebut sudah cukup baik, apalagi ia tergolong sebagai pembisnis pemula. “Edelweiss in Frame itu nama produknya. Kalau brand usahaku Oska Craft,” kata putri bungsu pasangan Ngasitah dan Sumaryo ini.

Dalam membuat kerajinan ini, lanjut Rofiqoh, yang dibutuhkan adalah frame ukuran 8R, kertas ivory, pita, print out, serta yang utama bunga Edelweiss. Ia mengaku, untuk bunga Edelweiss dipesan langsung dari hasil budidaya petani. Sedangkan peralatan untuk membuat produk handmade ini relatif sederhana, yakni gunting, cutter, lem, dan beberapa alat lain.