Parkir di Alun-alun, Mobil akan Diderek

900

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota mengancam akan menderek mobil yang melanggar aturan parkir pada malam pergantian tahun 2018. Saat pelaksanaan Car Free Night pada Minggu (31/12) malam, area Magelang Theater dan kawasan Alun-alun disterilkan dari parkir kendaraan roda dua dan empat sejak pukul 16.00-00.00 WIB.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan melalui Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko mengatakan, kebijakan penderekan akan dilakukan ketika ditemukan kendaraan roda empat yang masih parkir di area tersebut. “Kami akan menyiagakan petugas untuk mengecek dan menyampaikan bahwa batas parkir hingga pukul 16.00. Jika sampai jam tersebut peringatan tidak diindahkan, maka akan kami derek mobil tersebut,” tegas Prayudha, Selasa (26/12).

Masyarakat yang ingin menikmati malam tahun baru dengan beragam suguhan di Alun-alun hanya diperbolehkan jalan kaki atau mengendarai sepeda.“Jauh-jauh hari kami persiapkan dengan matang. Terutama menginformasikan ke masyarakat bahwa di malam tahun baru nanti tidak ada kendaraan bermotor di Alun-alun,” kata Prayudha.

Untuk kesiapan tersebut, pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di tiap pintu atau jalur masuk ke Alun-alun Kota Magelang. Di antaranya Jalan A Yani (simpang CPM), Jalan Sigaluh, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Mayjend Sutoyo. Masyarakat yang akan ke Alun-alun dari Jalan A Yani dibelokkan ke arah Jalan Majapahit. Bagi yang melalui Jalan Tentara Pelajar dibelokkan ke Jalan Sutopo dan yang melalui Jalan Mayjend Sutoyo dialihkan ke arah Jalan Kauman.

“Di sekitar Alun-alun disiapkan kantong-kantong parkir untuk kenyamanan warga. Setidaknya ada 19 kantong parkir, di antaranya seperti ruas Jalan A Yani (depan CPM), ruas Jalan Sigaluh, ruas Jalan Tentara Pelajar, ruas Jalan Mayjend Sutoyo, BPLK, Jalan Veteran, Skylight, dan lainnya,” tegas Prayudha.

Rekayasa lalu lintas juga akan diterapkan di sejumlah titik jalan di Kota Magelang selama perayaan tahun baru 2018. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang selalu terjadi pada saat perayaan tahun baru tersebut.