Tangkap Penjambret, Temukan Sabu-Sabu

758

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Jajaran Polres Salatiga saat melakukan patroli pengamanan Natal menemukan dan menangkap pengguna narkoba jenis sabu di Jalan jendral Sudirman, tepatnya depan Bank BNI Cabang Salatiga, Senin (25/12) sekitar pukul 23.00 WIB.  Tersangka diduga juga menjadi pelaku penjambretan di Salatiga.

Tersangka yang ditangkap adalah Arif Pramono, 23, warga Kampung Krajan Kelurahan Tingkir Lor Kecamatan Tingkir. Dari tangan pelaku, polisi menyita satu paket sabu dalam plastik klip bening.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag humas Polres Salatiga AKP I Nyoman Suasma menjelaskan, kejadian berawal saat petugas Sat Resanarkoba Polres Salatiga dan Resmob Polres Salatiga berkeliling untuk melaksanakan patroli gabungan dalam rangka pengamanan Natal.  Saat melintas di lokasi kejadian, seorang petugas Resmob melihat Arif yang diduga sebagai pelaku kasus pencurian dengan pemberatan sedang duduk di pinggir jalan.

Mendapati hal itu, tim gabungan langsung mengamankan Arif. Ketika digeledah, polisi justru mendapati narkoba dan sejumlah barang lain. “Setelah ditemukan itu, Arif bersama barang bukti dibawa ke mako Sat Resnarkoba untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” imbuh Suasma.

Barang bukti yang diamankan adalah satu paket sabu dalam plastik klip bening dengan berat kotor bersama plastik klip beningnya seberat 1,45 gram, 1 botol air mineral kosong ukuran 330 ml untuk bong. Kemudian satu tutup botol minumal air mineral warna biru yang ada dua lubangnya dan masing-masing lubang diberi sedotan warna putih garis merah. Ada juga korek api dan pipet kaca serta telepon genggam.

Penangkapan Arif ini tak lepas dari tertangkapnya JCS, 23, warga Tingkir Salatiga yang juga mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Salatiga. Ia ditangkap tim Resmob Polres Salatiga di sebuah hotel melati di Salatiga. JCS diketahui bersama Arif pernah melakukan aksi penjambretan di Jalan Abiyoso Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Salatiga pada 15 Agustus 2017 lalu. Korbannya adalah Witri Widaryati, 41, warga Dukuh Kecamatan Sidomukti. Pelaku menjambret ponsel merek Samsung J7 warna putih milik korban.

Dari pemeriksaan, diketahui JCS beraksi bersama Arif. JCS berperan sebagai pengemudi motor sementara Arif jadi eksekutor. Tak lama kemudian, Arif berhasil dibekuk petugas.

Kedua pelaku tersebut dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Khusus untuk Arif, juga dikenai pasal UU Narkotika. (sas/ton)