Kecamatan Banyuputih Miliki Posramil

924
RESMIKAN POSRAMIL : Dandim 0736/ Batang Letkol Fajar Ali Nugraha memotong tumpeng sebagai simbol diresmikannya Posramil Kecamatan Banyuputih, Rabu (27/12) kemarin. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RESMIKAN POSRAMIL : Dandim 0736/ Batang Letkol Fajar Ali Nugraha memotong tumpeng sebagai simbol diresmikannya Posramil Kecamatan Banyuputih, Rabu (27/12) kemarin. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sejak dilakukan pemekaran wilayah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, kini Kecamatan Banyuputih memiliki Posramil sendiri.

Posramil Kecamatan Banyuputih tersebut diresmikan Dandim 0736/Batang Letkol Fajar Ali Nugraha, Rabu siang (27/12) kemarin. Ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pengguntingan pita. Dihadiri oleh para Danramil se-Batang, kepala desa (Kades) se-Kecamatan Banyuputih, muspika Kecamatan Banyuputih dan Kapolsek Limpung serta tokoh masyarakat.

Posramil yang terletak di Jalan Raya Pantura Desa Sembung Kecamatan Banyuputih ini menempati lahan seluas 400 meter persegi hibah dari Pemerintah Desa (Pemdes) Sembung tahun 2014. Tanah itu dulunya dipakai untuk bangunan kantor desa yang selama beberapa waktu lalu tak terpakai.

Kepala Desa Sembung menceritakan bahwa proses hibah tanah tersebut tanpa melalui proses berbelit. Saat diajukan kepada masyarkat, langsung disetujui dalam forum rembug desa. Selanjutnya diserahkan kepada TNI melalui Dandim Batang Letkol Andiek dan Danramil Limpung yang waktu itu dijabat oleh Kapten Sugito. “Saat kami ungkapkan kepada masyarakat, ternyata langsung disetujui tanpa proses berbelit,” jelasnya.

Setelah diserahkan kepada Dandim Batang, Pemkab Batang bergerak cepat dengan mengucurkan dana Rp 480 juta untuk pembangunan gedung melalui hibah anggaran tahun 2016. Dan pada akhir tahun ini, Posramil di bawah naungan Koramil Limpung ini resmi dibuka.

Wakil Bupati (Wabup) Batang Suyono yang hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Desa Sembung yang ikhlas memberikan tanahnya kepada TNI. “Saya berharap Posramil ini akan membawa kedamaian, keamanan dan ketenteraman bagi semua pihak,” ucap Bupati.

Bahkan, secara spontan, Wabup Suyono merogoh kantongnya dan memberikan dana pribadi yang diserahkan kepada Danramil 02 Limpung, Kapten Bardi. Sumbangan tersebut diharapkan agar digunakan untuk membeli perabotan seperti kursi.

Dandim 0736/Batang Letkol Fajar Ali Nugraha mengatakan bahwa pihaknya merasa beruntung bisa memiliki Posramil yang letaknya sangat strategis di jalan Raya Pantura. Namun peresmian Posramil ini bersamaan dengan wilayah Kendal dan Jepara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Letkol Andiek dan Kapten Sugito yang berusaha keras mewujudkan Posramil ini. Berkat lobi Letkol Andiek pula, tahun 2018 nanti Mabes TNI sudah memprogram Posramil ini akan diresmikan menjadi Koramil Banyuputih. Jika sekarang masih menginduk ke Koramil 02 Limpung,” tandasnya. (han/sct/ida)