Pendaftaran Anggota PPL Diperpanjang

863

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Akibat minimnya pelamar, pendaftaran Panitia Pengawas Lapangan (PPL) tingkat kelurahan di kota Salatiga diundur. Diharapkan, pelamar bisa bertambah dalam jumlah yang memadai.

“Pendaftaran PPL memang diundur lagi. Seharusnya mulai 23 dan berakhir 28 Desember. Tetapi karena sepi peminat makanya dibuka lagi mulai 29 Desember sampai dengan 2 Januari mendatang,” jelas Ketua Panwas Kota Salatiga Agung Ari Mursito, Jumat (29/12).

Dijelaskan dia, ada beberapa kemungkinan jadi penyebab sepinya pendaftar. Yakni waktu yang bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru sehingga peminat ada kesulitan mengurus legalisir ijazah dan surat keterangan sehat dari puskesmas. “Semoga dengan penambahan waktu ini, peminat kembali banyak,” jelasnya.

Saat ini di Kecamatan Argomulyo baru menerima 10 pendaftar padahal setidaknya harus 18 pelamar. Kemudian di Kecamatan Tingkir baru ada enam pelamar dari jumlah ideal 21 pelamar. Kecamatan Sidomukti ada 10 pelamar dari 12 orang yang diharapkan. Sedangkan di kecamatan Sidorejo baru ada 6 pelamar dari 18 orang yang diharapkan.

Setiap kelurahan nantinya ada satu orang PPL atau dibutuhkan 23 orang di kota Salatiga. Untuk seleksi penerimaan, setiap kelurahan setidaknya harus ada tiga pelamar. Nantinya PPL bertugas mengawasi jalannya proses pemilihan, sosialisasi calon serta mencegah adanya pelanggaran pemilu. “Honor setiap PPL nantinya sebesar Rp 900 ribu dan bertugas selama enam bulan ke depan,” imbuh dia. (sas/ton)