Tingkatkan Prestasi Melalui Gerakan Literasi 

791
Oleh: Ariyanti Endrastuti SPd
Oleh: Ariyanti Endrastuti SPd

RADARSEMARANG.COM – BACALAH Buku maka Anda akan menuai gagasan. Taburlah gagasan maka Anda akan menuai pemikiran. Taburlah pemikiran maka Anda akan menuai tindakan. Taburlah tindakan maka Anda akan menuai karakter. Taburlah karakter maka Anda akan menuai masa depan.

Penggalan kalimat yang menggelitik nurani, mengapa menggelitik? tulisan itu tertempel di dinding kelas di dekat ruang pojok baca salah satu kelas yang saya ampu, tepatnya di kelas X OTKP2 SMK Negeri 3 Jepara. Tulisan itu mengisyaratkan sebuah mimpi. Mampukah kita mewujudkan mimpi tersebut ?

Tulisan itu ada sebagai bentuk motivasi, partisipasi aktif warga sekolah dalam menggalakkan program literasi yang dicanangkan oleh sekolah kami. Andai setiap orang yang membaca tulisan tersebut jadi termotivasi untuk terus membaca, bukan tidak mungkin masa depan sudah dimulai.

Ya, masa depan dimulai dari titik kita mulai senang untuk membaca. Bukankah ilmu pengetahuan dimulai dari membaca atau lebih popular dengan Literasi? Mungkin saja sebenarnya gerakan literasi sudah ada sejak dahulu kala, walau belum segencar digerakkan seperti akhir-akhir ini.

Di sekolah kami mulai diterapkan Gerakan Literasi. Semua pihak dilibatkan mulai dari kepala sekolah yang menggagas diadakannya Gerakan Literasi, Waka Kurikulum yang menjadwalkan pelaksanaan Gerakan Literasi, Waka Sarpras yang memfasilitasi sarana dan prasarana, Waka Kesiswaan, Peerpustakaan, Wali Kelas dan guru-guru yang memotivasi dan memantau penerapannya di dalam masing-masing kelas, siswa sebagai subjek utama Gerakan Literasi, semua sibuk dengan adanya Gerakan Literasi.