Sajikan Suket Teki, Wihaji Tabuh Kendang

950
SERU - Bupati Batang Wihaji saat menunjukkan kebolehannya bermain kendang dalam pembukaan Popda Batang 2018. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
SERU - Bupati Batang Wihaji saat menunjukkan kebolehannya bermain kendang dalam pembukaan Popda Batang 2018. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM BATANG – Lagu langgam Jawa, Suket Teki menggema dalam pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Popda) Kabupaten Batang Selasa (6/2) kemarin. Namun ada yang unik dalam grup karawitan yang terdiri dari pejabat dan camat Pemkab Batang itu. Salah satu penabuh kendangnya, ternyata orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Batang, Bupati Wihaji.

Bapak 3 anak ini ternyata tidak hanya piawai memimpin birokrasi pemerintahan, seperti layaknya penabuh kendang profesional dengan lancar memainkan kendang, untuk mengiringi guru-guru SD. Selain Suket Teki, juga dimainkan dengan kompak, lagu campursari lain seperti Prahu Layar dan Ojo Dipleroki, untuk menghibur atlet pelajar dan official.

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan tarian kolosal prajurit panahan dengan lenggak-lenggok gemulai penarinya. Aksi memukau lain, yaitu penampilan marching band dari SUPM Batang yang menambah semangat para atlet pelajar untuk berlaga.

Bupati Batang Wihaji, mengaku dirinya dan kelima belas camat di Batang sebelumnya sudah rajin berlatih di sela-sela kegiatan sehari-hari.

“Ini sebagai upaya kami nguri-uri budaya Jawa, sekaligus menunjukkan kepada generasi muda bahwa musik Jawa bagus,” ucap bupati.

Atas penampilan tersebut, Bupati Wihaji cukup senang dan bangga, sehingga mengucapkan banyak terimakasih kepada para camat yang telah berlatih keras.  Sehingga mampu memberikan penampilan terbaik dalam pembukaan Popda kali ini. (han/lis)