Bermain Kartu Sambil Menghapal Perkalian

2106
Oleh: Karnilasari SPd
Oleh: Karnilasari SPd

RADARSEMARANG.COM – DI awali dari keresahan penulis saat mengajarkan Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada pembelajaran matematika dikelas IV SD yang ternyata terkendala dengan kurang hapalnya siswa dalam perkalian. Saya pun berusaha menggunakan berbagai metode untuk memudahkan siswa dalam menghapal perkalian, namun hal tersebut hanya berlaku saat berada didalam kelas saja.

Pada saat istirahat terlihat anak-anak sedang asyik bermain kartu bergambar (Umbul) terbesit dalam pikiran saya untuk membuat media pembelajaran berupa kartu kwartet untuk memudahkan siswa untuk menghapal perkalian sambil bermain di luar kelas.

Siswa biasanya sudah diberikan materi perkalian pada saat duduk dibangku kelas 3, yang mana guru sudah mengenalkan konsep dasar  perkalian. Bahwa perkalian itu adalah penjumlahan berulang, sebagai contoh 4 x 5 adalah penjumlahan angka 5 sampai 4 kali. Konsep  ini mudah dipahami oleh siswa, tapi dikelas 4 SD siswa bukan hanya sudah mampu mengenal konsep perkalian  namun diharapkan juga bisa menghapal perkalian diluar kepala guna memudahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Pada umumnya siswa mudah menghapalkan perkalian bilangan1sampai dengan 5 dan perkalian bilangan 10, sedangkan sisanya perkalian bilangan  6,7,8 dan 9 siswa sulit untuk menghapalnya. berdasarkan pengalaman itulah, saya mencoba membuat kartu kwartet perkalian yang dimulai dari perkalian bilangan 6 sampai dengan 9.

Permainan Kwartet ini terkenal pada era tahun 90 an, dan dapat dimainkan oleh 2-4 peserta atau siswa dengan cara duduk melingkar. Sebagai media pembelajaran, permainan kartu kwartet ini sudah penulis modifikasi untuk memudahkan siswa dalam menghafal perkalian. Kartu kwartet perkalian ini dibagi 4 (empat) Judul yaitu : angka 6, angka 7, angka 8 dan angka 9. Jumlah kartu ada 32, karena m asing-masing tema ada sembilan kartu, misal : 6 x 2 = 12, 6 x 3 = 18, 6 x 4 = 24, 6 x 5 = 30, 6 x 6 = 36, 6 x 7 = 42, 6 x 8 = 48, dan 6 x 9 = 54. Permainan kartu kwartet ini sangat mudah dimainkan, karena siswa sudah terbiasa melakukan permainan ini di waktu senggangnya.