Dorong Pembangunan Tol Dikebut

590

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi meminta agar pembangunan tol trans Jawa di Jateng dikebut. Terkait masih adanya tanah wakaf dan tanah bengkok harus segera dicarikan solusi. Sebab, proyek tersebut sudah bertahun-tahun dan masyarakat berharap agar pembangunannya secepatnya rampung. “Proyek Trans Jawa di Jateng ini menjadi fokus perhatian Presiden Joko Widodo. Jadi harus secepatnya dirampungkan,” kata Ketua DPRD Rukma Setyabudi.

Ia mengingatkan, untuk Lebaran tahun 2018 ini semua tol Trans Jawa di Jateng sudah bisa dioperasionalkan untuk semua seksi. Brebes-Pemalang, Pemalang-Batang, dilanjutkan Batang-Semarang harus bisa dilalui pemudik. Selebihnya Ungaran-Salatiga dan Salatiga-Boyolali pun harus sama bisa digunakan pemudik. “Jangan setiap tahun selalu terjadi kemecatan panjang. Ini merupakan salah satu solusi yang bisa mengurainya,” tambahnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai perkembangan pembebasan lahan untuk proyek nasional Trans Jawa sudah signifikan. Tetapi ada beberapa hambatan seperti tanah yang berstatus wakaf, bengkok, serta milik negara yang belum bisa dibebaskan semua. “Harusnya tanah bengkok dan milik Negara bisa secepatnya dibereskan. Apalagi ini memang proyek pemerintah pusat untuk masyarakat,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi D, Hadi Santoso mengatakan soal pembebasan lahan tanah wakaf bisa dengan solusi penggantian bangunan. Jika tanah kas desa bisa disewa untuk konstruksi. Sedangkan untuk tanah wakaf bisa dilakukan penggantian bangunan. “Adapun soal penyeberangan, perlu konsisten dengan DED yang disepakati, tetap akomodatif terhadap masukan masyarakat yang memungkinkan,” tambahnya.

Ia meminta agar pengerjaannya bisa cepat dan semua masalah pembebasan lahan bisa rampung secepatnya. Karena sejatinya, proyek tol sudah dinanti-nantikan dan merupakan salah satu solusi mengurai kemacetan panjang di Jateng. Terutama ketika hari liburan maupun saat Lebaran.

“Secara keseluruhan perkembangan yang dicapai dalam pembangunan salah satu ruas Trans Jawa sudah cukup bagus. Kami berharap semua pekerjaan pembangunan bisa berjalan semestinya dan tidak ada hambatan,” tambahnya. (fth/ida)