Diduga Blong, Tronton Tabrak Toko Pakaian

489
BLONG: Tronton yang dikemudikan Anang Priyanto, 42, warga purbolinggo Jawa Timur menyeruduk dua kendaraan dan toko pakaian, kemairn. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BLONG: Tronton yang dikemudikan Anang Priyanto, 42, warga purbolinggo Jawa Timur menyeruduk dua kendaraan dan toko pakaian, kemairn. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Sebuah truk tronton bernopol N 8540 UR yang tengah berhenti di traffic light Jalan Diponegoro tiba-tiba tanpa kendali dan menyeruduk toko pakaian dan sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan, Selasa (20/3) pukul 12.00 WIB.

Setidaknya dua sepeda motor, dan toko pakaian menjadi sasaran truk tronton yang bermuatan peti kemas berisi gas. Beberapa saksi mata, Arie Sudarjo, 45, warga Kecamatan Bergas menjelaskan sebelum menyeruduk, tronton sudah berhenti di traffic light persis di depan Gedung DPRD Kabupaten Semarang. “Tiba-tiba setelah berhenti pas lampu merah tronton melaju dengan sendirinya,” ujar Arie.

Saat kejadian berlangsung dirinya persis berada di belakang tronton tersebut. Dikatakannya, saat tronton nyelonong sang supir  juga sempat turun dan mengganjel ban truk. Namun ganjel tersebut tidak mampu menahan laju tronton. “Supirnya sempat turun namun trontonnya tetap berjalan,” katanya.

Alhasil tronton tersebut melaju tanpa kemudi dan menyeruduk tiga sepeda motor Honda Vario 125 nopol K 6914 BT, H 6320 AIC dan 1 unit Honda Beat nopol H 6157 QV yang  sedang parkir di atas trotoar.

Pemilik Honda Beat, Ibnu, 53, berhasil menyelamatkan diri saat peristiwa tersebut. “Motor saya parkir di depan penjual pakaian, dan saya posisinya persis di sebelah motor langsung melompat,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Semarang Ipda Supeno mengungkapkan nyelonongnya tronton di duga mengalami rem blong. “Dugaan sementara karena rem anginnya habis,” ujar Supeno.

Hal tersebut terbukti saat tronton berhenti di traffic light depan DPRD Kabupaten Semarang sang sopir sempat turun dan mengganjal ban. “Namun tronton masih terus melaju naik trotoar dan menabrak sepeda motor serta toko pakaian,” katanya.

Truk tronton yang dikemudikan oleh Anang Priyanto, 42, warga purbolinggo Jawa Timur berhenti setelah menabrak toko pakaian tersebut. “Truk tersebut habis bongkar muatan gas dari pabrik Coca Cola di Bawen,” katanya. (ewb/bas)