Hanura Bebaskan Kader Memilih

Hanya Jadi Penonton di Pilgub

685

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPD Partai Hanura Jawa Tengah membebaskan kadernya menentukan dukungan terhadap pasangan calon (paslon) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Pasalnya, belum ada pinangan dari kedua kubu paslon terhadap partai tersebut.

Sekretaris DPD Partai Hanura Jawa Tengah, Adenk Sudarwanto mengatakan selama satu bulan masa kampanye, pihaknya belum menerima pinangan dari dua paslon yang ada. Meski demikian pihaknya menampik ada pengurus cabang yang ikut dalam kampanye salah satu paslon.

“Di Pilgub Jateng, DPD Hanura tidak menyatakan dukungan kepada siapapun. Sampai sekarang juga belum ada yang mendekat dari dua paslon itu,” ungkapnya di kantor DPD Partai Hanura Jateng, Jalan Permata Hijau Semarang, Rabu (21/3).

Adenk menjelaskan, sudah menjadi hal yang wajar jika sebuah partai tidak menyatakan dukungan apabila dari pihak cagub maupun cawagub tidak melakukan pendekatan. Namun ia tidak menutup mata dari dukungan Partai Hanura di daerah-daerah tertentu.

“Itu kan sesuai daerahnya masing-masing juga, tetapi masih sejalan dengan apa yang diusung oleh Hanura. Kudus ada sendiri, Solo ada. Itu tidak masalah, tapi kalau yang ditanya DPD ya sementara ini belum,” tegasnya.

Lebih lanjut, Adenk mengatakan bahwa kondisi Hanura yang saat ini tidak memiliki kursi di DPRD Jawa Tengah juga menjadi faktor belum mengerucutnya dukungan dalam Pilgub Jateng 2018. Sementara Hanura memiliki 52 kursi anggota DPRD tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Tengah.

Adenk menegaskan, jika para paslon itu pintar seharusnya sejak awal langsung melakukan pendekatan pada DPD. Pasalnya, jika DPD telah memutuskan untuk menjatuhkan suara pada salah satu paslon maka secara otomatis akan berlaku ke seluruh lini kepengurusan partai.

Selain itu, Adenk juga mengatakan belum mengetahui visi misi masing-masing paslon yang sejalan dengan visi misi DPD Partai Hanura Jateng.

Menurutnya, untuk memberikan dukungan semestinya para paslon melakukan pendekatan supaya bisa bertukar pikiran dan saling mengetahui visi dan misinya “Kalau didesak, kami tetap tidak memutuskan. Ibarat orang dilamar, kan harus tahu bibit bebet dan bobot nya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Adenk juga menjelaskan terkait persiapan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang akan digelar Sabtu (24/3) mendatang di gedung Majesty yang kemudian di lanjutkan di Hotel Pesonna Semarang. Pada Rapimda ini juga akan dilantik 2000 pengurus DPD Partai Hanura Jateng, serta pengurus DPC Hanura se-Jateng.

Kemudian para anggota DPRD dari Kabupaten/Kota sebanyak 52 orang, serta dari DPP Partai Hanura. Sesuai rencana, pelantikan akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Hanura Dr HC Oesman Sapta. Nantinya strategi pemenangan akan menjadi ajang sosialisasi hasil Rapimnas.

“Hasil Rapimnas di Jakarta, diinstruksikan agar semua kader Hanura di semua lini untuk memenangkan Jokowi. agar semuanya satu visi misi dan solid dalam rangka untuk membesarkan, merebut serta memenangkan pemilu dan pemilukada,” tandasnya. (tsa/ric)