Laporkan Omzet Asli

691
TAMBAHAN KOLOM : Peserta Semargres mempraktikkan cara mengisi E-SPTPD setelah ada tambahan kolom keterangan. (Sigit Andrianto/ Jawa Pos Radar Semarang)
TAMBAHAN KOLOM : Peserta Semargres mempraktikkan cara mengisi E-SPTPD setelah ada tambahan kolom keterangan. (Sigit Andrianto/ Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang sosialisasikan tata cara pelaporan dan pengisian E-SPTPD kepada wajib pajak (WP) daerah peserta Semarang Great Sale 2018. Ada tambahan kolom dalam pengisian E-SPTPD selama Semargres berlangsung.

Tambahan kolom tersebut digunakan untuk menuliskan keterangan. Hal ini untuk mengetahui jumlah omzet asli para peserta Semargres sebelum dikenai potongan 40 persen sesuai diskon yang diberikan. Selain itu juga menuliskan keterangan jika pendapatan peserta Semargres ada di bawah rata-rata.

”Misalkan ada yang pendapatannya berbeda dari biasanya, di kolom ini untuk menuliskan keterangan, misal buka setengah hari atau apa begitu,” ujar Srini Poerwati, kabid Pembukaan & Pelayanan Pendapatan Daerah Bapenda kota Semarang pada acara sosialisasi tata cara pelaporan dan pengisian e-sptpd bagi wajib pajak daerah peserta great sale 2018, di hotel Grasia Semarang, Selasa (24/4) kemarin.

Angel, accounting Normans Hotel mengaku terbantu dengan adanya sosialisasi ini. Ia tidak ingin ada kesalahpahaman dalam pelaporan pendapatan. Terutama selama event semargres berlangsung. ”Soalnya tadi dijelaskan tadi ada yang bayar tanggal sekian tapi dihitungnya lebih dari hari itu, karena tidak melapor setelah membayar,” tuturnya.

”Sehingga jangan sampai ada miskomunikasi di situ. Ini menjadi pelajaran bagi kita juga untuk sesegera mungkin melaporkan,” imbuhnya.

Angel menambahkan, pihaknya tidak kesulitan dengan sistem pelaporan elektronik selama ini. Hanya saja, setiap jatuh tempo, dia agak kesulitan untuk mengakses sistem.
”Mungkin karena banyak yang akses, jadi penuh dan agak lemot,” ujarnya. (sga/zal)