Siapkan Dua Jalur Alternatif

Jalan Alibasah Sentot Dibeton

1045

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Jalan Alibasah Sentot yang menghubungkan Kota Magelang dan Kabupaten Magelang akan mulai diperbaiki usai Lebaran. Pemkot Magelang akan menyiapkan dua jalur alternatif selama Jalan Alibasah Sentot ditutup total.

Kasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang, Budi Susilo menuturkan, penanganan perbaikan rusaknya Jalan Alibasah Sentot, Meteseh Cacaban cukup dilematis, karena harus dilakukan penutupan jalan. Sehingga perlu ada opsi jalan terdekat yang bisa dilalui oleh masyarakat.

“Tentunya kami harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Magelang, terutama perangkat Kecamatan Bandongan terkait akses jalan mana saja yang bisa dilalui masyarakat jika Jalan Alibasah Sentot mulai dibangun,” kata Budi, Rabu (30/5).

DPUPR telah menyiapkan dan memetakan dua jalur alternatif yang bisa dilalui oleh masyarakat Bandongan maupun Kaliangkrik jika hendak ke Kota Magelang. Alternatif pertama yaitu lewat jalan dari arah Bandongan menuju Salam Kanci dan tembus hingga Pakelan. “Kemudian alternatif kedua lewat jalan Bandongan ke Windusari kemudian tembus menuju Payaman. Sedangkan bagi pengendara sepeda motor bisa lewat jembatan gantung yang ada di Trasan dan Ngembik,” imbuh Budi.

Rencananya, Jalan Alibasah Sentot akan dibeton dan dilebarkan. Selain itu, juga dilakukan pembenahan saluran drainase yang berada di Kampung Meteseh. “Kami akan lakukan pengecoran mulai dari jalan lingkungan kantor Dinas Pendidikan Kota Magelang sampai jembatan Kali Progo. Selain itu, dilakukan pelebaran sekitar 1,5 meter dari pertigaan ke bawah sepanjang kurang lebih 75 meter,” terang Budi.

Kepala DPUPR Kota Magelang Yonas Nusantrawan Bolla menjelaskan, anggaran perbaikan Jalan Alibasah Sentot sebesar Rp 2 miliar, berasal dari Dana Alokasi Kusus (DAK). Pekerjaan dilakukan seusai Lebaran agar tidak mengganggu arus mudik dan balik Lebaran.

“Pekerjaan jalan itu kan cukup besar dan membutuhkan alat berat, jika dilaksanakan sebelum Lebaran tentunya justru akan mengganggu arus mudik. Selain itu nantinya juga akan dilakukan betonisasi, sehingga pekerjaan tersebut harus dikerjakan dengan serius,” tukas Yonas. (had/ton)