Dieng Dikunjungi 43 Ribu Wisatawan

498

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Dieng selama musim Lebaran mencapai 43 ribu orang. Jumlah tersebut belum mampu menyamai jumlah wisatawan di masa libur Lebaran tahun lalu.

“Dibanding tahun lalu (jumlah wisatawan) menurun. Ada kemungkinan karena wisatawan antisipasi kemacetan seperti tahun lalu sehingga memilih ke objek lain,” kata Pegawai UPT Dinas Pariwisata Wilayah Dieng M Riyanto, Jumat (22/6).

Dikatakan dia, tiket masuk ke lembah Dieng sebesar Rp 10 ribu. Tiket ini merupakan tiket terusan untuk mengunjungi gardu pandang Tieng, Tuk Bima Lukar, serta  Dieng Plateau Theater. Tiket tersebut belum termasuk tiket parkir di semua objek tersebut. “Ini sudah sesuai Perda Retribusi,” katanya.

Untuk tahun ini, kata dia, Dinas Pariwisata tiga pintu pelayanan retribusi objek wisata. Meliputi Tol Garung, Pos Tambi, serta Pos Dieng. Upaya ini untuk mengakomodir sejumlah jalur alternatif. Termasuk yang menggunakan jalur dari Semarang melalui jalur perkebunan Teh Tambi.

“Selain jalur lalu lintas, di sejumlah objek wisata juga masih menghadapi lokasi parkir yang belum memadai. Kami berharap dinas terkait membuat fasilitas sehingga wisatawan lebih nyaman,” katanya. (ali/ton)