Bangun Pariwisata, Hendi Gandeng Tiongkok

492
SIAP KERJASAMA : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima delegasi Pemerintah Kota Nanjing, yang dipimpin Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Kota Nanjing, Guo Lajun, Kamis (19/7). (Humas Pemkot for Jawa Pos Rase)
SIAP KERJASAMA : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menerima delegasi Pemerintah Kota Nanjing, yang dipimpin Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Kota Nanjing, Guo Lajun, Kamis (19/7). (Humas Pemkot for Jawa Pos Rase)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sejarah Cheng Ho di Kota Semarang menjadi salah satu daya tarik Pemerintah Kota Nanjing, Tiongkok, untuk bekerjasama dengan Pemkot Semarang. Utamanya dalam pengembangan sektor pariwisata.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Kamis (19/7) kemarin, mengadakan pertemuan dengan delegasi Pemerintah Kota Nanjing, Tiongkok, untuk membahas pengembangan pariwisata.

Pertemuan yang berlangsung di kantor wali kota berlangsung kurang lebih dua jam. Delegasi Pemerintah Kota Nanjing, terdiri dari enam orang dan dipimpin Wakil Ketua Komite Tetap Kongres Kota Nanjing, Guo Lajun.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi mengungkapkan jika Nanjing menjadi salah satu percontohan kota yang sukses dalam mengelola pariwisata. Mengingat Kota Nanjing merupakan kota terpenting kedua di Tiongkok setelah Shanghai. Selain itu Nanjing sendiri sering disebut sebagai Ibu Kota Tiongkok dalam hal kesenian, kebudayaan, dan pariwisata.

“Nanjing tentu menjadi sebuah tolok ukur yang tinggi bagi pengelolaan dan pengembangan pariwisata di Kota Semarang, dan saya rasa bila nanti ada kerjasama, Semarang akan sangat terbantu,” tutur Hendi.

“Apalagi karakteristik Kota Nanjing dan Semarang hampir sama, yaitu memiliki gedung-gedung bersejarah yang digunakan sebagai wisata unggulan,” tandasnya.

Di sisi lain, perwakilan delegasi Pemerintah Kota Nanjing, Lajun Guo mengaku tertarik bekerjasama dengan Kota Semarang karena didasari benang merah antara Semarang dan Nanjing. “Nanjing menjadi awal sejarah Cheng Ho, di Nanjing banyak sekali jejak Cheng Ho yang dapat dikunjungi, dan ada juga lembaga penelitian Cheng Ho,” cerita Guo Lajun.

Dengan adanya jejak Cheng Ho itulah yang kemudian menarik Nanjing, untuk membangun kerjasama dengan Semarang.

“Mereka melihat banyak destinasi di Kota Semarang yang bisa dikembangkan. Kami sejalan terkait ini,” tandas Hendi. (zal)