Awasi Pembangunan Jalan

420

RADARSEMARANG.COM, ‚ÄčSEMARANG-Dari 2.400 kilometer jalan provinsi, sejauh 567 km sudah dibeton. Sementara jalur yang dilebarkan dengan acuan Pergub yaitu 7 meter, sejauh 1001,6 km sudah sesuai. Artinya, 89 persen jalan provinsi sudah sangat baik.

“Hal ini sangat berdampak positif, jalan-jalan provinsi yang tadinya ditempuh cukup lama, kini sudah lebih lancar setelah dibetonisasi. Mengingat kontur tanah di Jateng ada yang labil,” kata Anggota Komisi D DPRD Jateng, Muhammad Ngainirrichardl kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Politikus PPP ini mengajak masyarakat dan media untuk bersama-sama mengawasi pembangunan insfrastruktur Jateng yang semakin baik. “Monggo kepada masyarakat, kalau menemukan jalan provinsi yang kurang layak, bisa langsung lapor ke Binamarga Jateng. Kemudian akan diteruskan ke kami untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, H Samirun menambahkan bahwa pembangunan ruas jalan memang sudah sesuai dengan Pergub dengan lebar tujuh meter. Hanya saja, di beberapa titik perlu drainase, agar saluran air tidak menggenang hingga akhirnya merusak badan jalan. “Sesuai aturan jalan milik Provinsi harus tujuh meter. Ke depan semua harus sama, sehingga kualitasnya bagus,” tambahnya.

Ia menambahkan, secara umum jalan sudah bagus dan tidak rusak. Meski begitu, Pemprov Jateng harus terus melakukan pengawasan dan pemeliharaan agar jalan yang sudah dibangun tidak cepat rusak. “Pengawasan dan perawatan harus terus dilakukan agar ketika ada jalan rusak bisa diatasi,” tambahnya. (fth/ida)