Tips Pergi Wisata di Surabaya dengan Harga Terjangkau

8440

RADARSEMARANG.COM – Surabaya sebagai urutan kedua kota terbesar yang ada di Indonesia, tentu bisa bersaing dengan Jakarta. Selain sudah menjadi langganan penghargaan Adipura Kencana, kota Surabaya juga mampu bersaing dengan kota Bandung dengan dijulukinya sebagai smartcity, karena sudah memanfaatkan teknologi dalam hal pengelolaan administrasi sekaligus transparansi pengelolaan anggaran.

Surabaya mempunyai luas sekitar 333.063 km2. Kota ini dijuluki sebagai kota pahlawan karena ada banyak pejuang di Surabaya yang mampu bertempur melawan penjajah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada zamannya.

Selain tak luput dari sejarahnya, ternyata Surabaya juga menyimpan tempat-tempat eksotis yang layak dijadikan sebagai tempat wisata pilihan bagi para wisatawan, baik yang berasal dari lokal, luar kota, hingga mancanegara. Akan tetapi, tak sedikit wisatawan yang enggan berlibur ke Surabaya mengingat budget yang harus mereka persiapkan tidaklah sedikit. Namun tenang saja, karena ada beberapa tips wisata di Surabaya hemat ala backpacker.

Tips Praktis dan Hemat Wisata di Surabaya

Jika Anda ingin berwisata ke Surabaya dengan budget pas-pasan, tenang saja. Berikut adalah beberapa panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Ikuti Tur Wisata Surabaya dengan Heritage Track

Aktivitas wisata pertama ialah dengan mengikuti tour wisata Surabaya gratis yang biasanya dilangsungkan oleh House of Sampoerna, seperti Surabaya Heritage Track yang berlokasi di Jl. Taman Sampoerna No.6, Pabean Cantian. Lewat tur inilah, wisatawan langsung diajak mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di kota Surabaya.

Beberapa rute dan jadwal yang bisa dipilih, dapat disesuaikan keinginan. Tempat-tempat menarik di Surabaya bisa Anda singgahi saat mengikuti tur dengan berkunjung ke Kampung kraton, Kantor Pos Kebon Rojo, Kelenteng Hong Ang Kiong, Gereja Kepanjen, Tugu Pahlawan, dan Rumah H.O.S Tjokroaminoto.

Tur wisata ini dapat dibuka setiap hari. Jadwal pemberangkatannya sendiri, tersedia pada jam 10.00 WIB sampai jam 15.00 WIB. Para wisatawan yang akan mengikuti tur tersebut perlu melakukan reservasi terlebih dulu, bisa lewat telepon atau via email.

 

2. Cari Objek Wisata Menarik dan Gratis di Surabaya

Surabaya merupakan surganya objek wisata gratis. Tak hanya House of Sampoerna saja, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat lain seperti Masjid Cheng Ho, Pantai Ria Kenjeran, dan Taman Bungkul. Ketiga tempat tersebut tak memungut retribusi atau tiket masuk, namun pengunjung cukup untuk membayar tarif parkir kendaraan. Selain itu, ada pula tempat-tempat wisata murah, seperti Monumen Kapal Selam, Kawasan Hutan Mangrove Wonorejo, dan Kebun Binatang Surabaya.

Untuk berkunjung ke kawasan ini, sebaiknya Anda mempersiapkan rencana perjalanan. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi agar tak terjadi pembengkakan anggaran akibat jarak lokasi destinasi wisata yang satu dengan yang lainnya cukup berjauhan.

Agar lebih menghemat anggaran dan waktu, rencanakan perjalanan Anda ke tempat wisata di Surabaya yang dekat di hari itu juga. Contohnya rencana perjalanan ideal dengan berkunjung ke Kebun Binatang di Surabaya pada siang hari, kemudian lanjut ke Taman Bungkul. Dimana kedua destinasi tempat wisata ini lokasinya berdekatan, dapat ditempuh dengan hanya berjalan kaki karena berjarak 600 meter saja.

 

3. Cari Tiket Pesawat Promo dan Akomodasi yang Harganya Terjangkau

Tips wisata di Surabaya ala backpacker lainnya ialah dengan mencari tiket pesawat dan akomodasi promo atau harga terjangkau. Bagi para wisatawan dari luar provinsi atau luar kota, alangkah baiknya mencari tiket pesawat promo dari jauh-jauh hari. Apalagi jika Anda sudah merencanakan kunjungan ke Surabaya sebelumnya. Persiapkan Anda untuk mendapatkan tiket pesawat promo untuk teman travelling Anda.

Tak hanya tiket pesawat, tips termudah lainnya untuk menghemat anggaran selama berlibur di Surabaya ialah dengan bermalam di hotel murah. Sebagai ibu kota dari provinsi Jawa Timur, Surabaya mempunyai banyak pilihan tempat penginapan dan hotel terbaik yang harganya terjangkau.

Itulah 3 tips wisata di Surabaya murah ala backpacker yang dapat Anda lakukan jika budget yang Anda miliki terbatas. Selain itu, pastikan untuk menulis susunan itinerary atau rencana perjalanan Anda dari jauh-jauh hari. (web/ap)