Harga Cabai Naik, Petani Panen

384

TEMANGGUNG—Sejumlah petani cabai di Kabupaten Temanggung menuai keuntungan dengan adanya kenaikan harga komoditas pedas ini. Pasalnya, di tengah kenaikan harga, justru bertepatan dengan musim panen. Padahal, pada musim panen perdana 2013 ini, produksi cabai terbilang bagus.

Di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, tingkat produksi rata-rata mencapai 60-70 kilogram sekali petik untuk 2.000 batang pohon pada pertumbuhan maksimal. Angka produksi tersebut terbilang cukup bagus. “Kebetulan harganya pas naik,” kata Mukholil, salah seorang petani.

Ia mengatakan, perkebunan ca­bai sendiri dimulai pada Ja­nu­ari lalu dengan menanam tu­nas pohon. Jenis komoditas yang ditanam adalah 42 OR. Sejak pertumbuhan hingga pembunga­an pada umur 70 hari, tidak mengalami kendala, termasuk hama. Sehingga pada hari ke-105 dari masa tanam sudah dapat dipetik.

Di tingkat petani, paparnya, harga jual pada awal musim panen mencapai Rp 17 ribu per kilogram. Sementara lambat laun pada puncak panen diprediksikan akan mulai menurun mencapai Rp 12 ribu per kilogram.

“Tanaman lombok yang saya panen ini merupakan tanaman selingan di antara tanaman pokok klengkeng itoh program Sentra Pemberdayaan Tani di bawah binaan Yayasan Obor Tani Semarang . Sejak panen perdana sampai pertengahan Maret ini sudah panen 8 kali mendapat 3 kuintal,“ tuturnya.

Menurutnya tanaman lombok saat ini masih berbuah lebat dan diperkirakan masih bisa dipanen 4 kali lagi sehinggu bila dihitung sejaik petik pertama maka seluruhnya 12 kali panen. Setelah petik ke 12 biasanya daun rontok dan tak berbuah lagi.

Namun demikian batang pohon masih kokoh kemudian dilakukan pemupukan urea dan KNO serta disemprot dengan Super Git sehingga tumbuh tunas baru dan tanaman bisa berbunga dan berbuah lagi. Dengan demikian umur tanaman bisa lebih lama, sedikitnya dapat dipanen 7 kali dengan produksi 2,5 kuintal.

Sementara itu, pantauan di Pasar Kliwon Temanggung, harga cabai Rp 40 ribu per kilogram jenis Lombok setan. Semula, hanya dijual Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kilogram.

Untuk harga cabai jenis lainnya, masih stabil. Cabai merah keriting masih dijual dengan harga Rp 15 ribu per kilogram. Cabai merah super dijual Rp 17 ribu per kilogram. Untuk cabai rawit berada di kisaran Rp 23 ribu per kilogram. “Ini sudah mulai turun. Mudah-mudahan normal lagi,” kata Wahyatun, 40, pedagang cabai asal Windusari, Kabupaten Magelang. (zah/lis)