Pasokan BBM Ditambah

346

WONOSOBO—Memasuki liburan Natal dan tahun baru 2014, pasokan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar ditambah. Untuk jenis premium penambahan pasokan sebesar 16 persen dan solar 8 persen dibanding hari biasa. Penambahan ini untuk mengantisipasi adanya kelangkaan di lapangan.
Menurut Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan Disperindag Wonosobo, Oman Yanto, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan penggunaan BBM pada bulan Desember 2013 ini, dialokasikan sekitar 4.300 kiloliter untuk jenis premium dan untuk 2.000 kiloliter untuk solar. Untuk mengantisipasi kebutuhan menjelang Natal dan tahun baru 2014 akan ditambah pasokan sebesar 16 persen untuk premium 8 persen untuk solar.
“Meski ditambah, konsumen diminta untuk lebih hemat dalam menggunakan BBM, agar tidak terjadi over kuota yang berlebihan. Sehingga akan mengganggu kelancaran lalu lintas pada saat hari raya Natal dan liburan tahun baru,” imbaunya.
Dengan penambahan ini, kata Oman, akan dilakukan pengawasan secara serius sepanjang liburan Natal dan tahun baru. Sejumlah SPBU diawasi utamanya dalam pelayanan pembelian BBM menggunakan jeriken.
“SKPD pemberi rekomendasi, agar sesuai hasil verifikasi yang bisa dipertanggungjawabkan, tidak asal memberikan izin pembelian jeriken. Karena akan berdampak pada kelangkaan BBM di pasaran yang nantinya akan menjadi gejolak di masyarakat,” katanya. (ali/lis)