Angka Kejahatan Meningkat

326

TEMANGGUNG—Tren angka kejahatan di Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Dari akumulasi total tahun lalu, jajaran Polres Temanggung menangani 365 kasus dan saat ini menjadi 382 kasus. Jumlah tersebut terbagi dalam tindak pidana ringan, berat dan menengah.
Kapolres Temanggung AKBP Dwi Indra Maulana mengatakan dari sejumlah kasus kejahatan 2013 kasus yang dapat diselesaikan 279 perkara atau 73 persen. ”Berdasarkan jumlah kasus tersebut, risiko kejahatan di Temanggung, yakni setiap 46 orang terdapat satu orang menjadi korban kejahatan,” katanya.
Ia menuturkan, pelanggaran hukum atau tindak pidana ringan selama 2013 meningkat tajam dibanding 2012, yakni dari 53 kasus menjadi 90 kasus. Gangguan terhadap ketenteraman atau ketertiban pada 2013 sama dengan tahun 2012, yakni 20 kasus.
Ia mengatakan, operasi kepolisian yang telah dilakukan dalam pengamanan kegiatan masyarakat, antara lain operasi jaran candi, operasi mandiri mantap praja bhumi phala, operasi sikat candi, dan operasi simpatik candi.
Ia menyebutkan, pengungkapan kasus menonjol dan yang meresahkan masyarakat pada 2013, kasus korupsi dalam penyelidikan enam kasus, penyidikan dua kasus, dan SP3 satu kasus. Kemudian pemberantasan minuman keras pada 2013 terdapat 29 kegiatan, berkas yang diajukan ke Kejari Temanggung sebanyak tujuh perkara. Kasus narkoba, berkas perkara yang diajukan ke Kejari sebanyak 10 perkara dengan 15 tersangka. (zah/lis)