DED Alun-alun Dibahas

305

GROBOGAN—Rencana pembangunan Alun-Alun Purwodadi menggunakan dana APBD tahun ini segera dimulai. Detail engineering design (DED) yang pernah dibuat 2008 lalu, akan segera dibahas.
”Salah satu DED yang dibuat adalah peninggian alun-alun dari dasar sampai dengan ketinggian antara 75 sentimeter sampai dengan satu meter. Peninggian ini untuk memberikan batasan kepada kendaraan bermotor agar tidak masuk ke area alun-alun,” kata Kepala Dinas Cipta Karya Kebersihan Tata Ruang Kota Grobogan Moch Chanif kemarin.
Meninggikan alun-alun, kata Chanif, agar alun-alun Purwodadi bersih dari kendaraan bermotor. Pasalnya, selama ini banyak kendaraan bermotor dan mainan anak masuk ke dalam alun-alun sehingga rusak. Bahkan, ketika ada hiburan, alun-alun menjadi tempat parkir massa. ”Setelah ada penataan nanti, akan kami buatkan tempat khusus untuk parkir kendaraan bermotor,” terangnya.
Chanif menjelaskan, kondisi Alun-Alun Purwodadi yang ada sekarang ini masih banyak kekurangan. Di antaranya buruknya drainase dan mangkalnya para pedagang kaki lima (PKL). Oleh karena itu, lanjutnya, alun-alun segera dibenahi dan ditata. Tujuannya tercipta kondisi alun-alun indah dan nyaman. ”Bahkan fasilitas umum dan taman bermain akan kami tata,” paparnya.
Untuk itu, lanjut Chanif, pembangunannya nanti ada perbaikan drainase untuk mengantisipasi banjir saat terjadi hujan deras. Pembangunan Alun-Alun Purwodadi ini untuk mengembalikan fungsinya sebagai tempat umum, berkumpul, olahraga dan upacara. ”Untuk penataan PKL nanti akan bekerja sama dengan Disperindagtamben. Mereka (PKL, Red) akan didata dan ditata,” ujarnya. (mun/zen/ida)