Dewa 28 Kelenteng Tiba di Kudus

379

KUDUS—Dewa dari 28 kelenteng yang menjadi peserta perayaan Bwee Gee tiba di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Hien Bio kemarin. Penyambutan terhadap dewa dari 28 kelenteng tersebut dilaksanakan antara pukul 10.00 hingga 17.00.
“Sebelum upacara sembahyang bersama, semua patung dewa sudah sampai sini. Sehingga, saat upacara ritual dilaksanakan, semua patung dewa sudah tertata rapi di meja altar. Selanjutnya, mulai pukul 16.00 semua umat sembahyang di sini,” tutur Ketua Panitia Perayaan Bwee Gee, Liem Hok Liang.
Dalam sembahyang tersebut, dikatakan Hok Liang, umat akan melakukan penyembahan terhadap dewa sebagai penghaturan terima kasih, khususnya pada dewa bumi. Acara akan dilaksanakan semalaman. Setelah upacara kebesaran usai, dilaksanakan lelang bendera lengki dari YM Kongco Hian Thian Siang Tee dan YM Makco Kwan She Im Poo Sat.
“Terakhir, ada pelayanan pengobatan, tolak balak dan mohon rezeki. Acara tersebut merupakan permohonan umat dharma kepada dewa agar terhindar dari balak. Selain itu, meminta dilapangkan pintu rezeki,” terangnya.
Parudi, salah satu umat dari Kelenteng Cetya Attadhassi Tangerang, saat ditemui Jawa Pos Radar Kudus sedang mempersiapkan kio yang akan digunakan untuk memandu Dewa Thio Thian Soe. “Acara puncaknya besok (hari ini, Red). Semua dewa yang ditempatkan di meja altar akan ditempatkan ke kio masing-masing. Setelah upacara penyembahan malam hari, keesokan harinya mulai dipindah ke kio untuk dipandu saat kirab,” terangnya. (far/aji/ida)