Meski Mahal, Tak Putus Kontrak

350

SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) melempar wacana akan memahalkan nilai sewa Sepur Kluthuk Jaladara. Namun, Pemkot Solo tak memiliki niat memutus kontrak. Kendati dari sisi anggaran, sudah dipastikan alokasi APBD tahun ini tak bisa memenuhi harga sewa sesuai yang diminta PT KAI sebesar Rp 1 miliar per tahun.
Wali Kota Solo FX Hadi Ru­dyat­mo tetap akan melanjutkan kontrak kerja sama sewa kereta wisata kuno tersebut. Bahkan, ketika disinggung mengenai rencana PT KAI yang akan menaikkan nilai sewa kereta, dia tetap mantap berujar kelanjutan kontrak itu diusahakan bisa berjalan untuk selamanya. ”Itu (kenaikan nilai sewa, Red) kan saya juga belum ngomong dengan direktur (PT KAI). Saya tetap harus ngomong, negosiasi, bagaimana mencari jalan tengahnya,” terangnya, ketika ditemui wartawan di sebuah acara di gedung PMS, kemarin (11/1).
Rudy mengakui jika harus menuruti permintaan nilai sewa tahun ini seperti yang diwacanakan PT KAI, yakni Rp 1 miliar. Nilai tersebut naik dari sewa tahun sebelumnya sebesar Rp 789 juta. Hal ini jelas tak mungkin bisa dilakukan. Itu lantaran pos APBD 2014 yang dialokasikan untuk sewa Jaladara sudah digedok dengan nilai sama dengan tahun lalu. Namun demikian, pihaknya berharap masih adanya ruang negosiasi dengan PT KAI.
Pihaknya bakal intens melobi PT KAI, bahkan hingga ke jajaran teratas salah satu BUMN itu. Sebagai antisipasi agar kontrak tak akan lepas dan jatuh ke pihak lain, pemkot bakal komunikasi dengan PT KAI. Bahkan sebelum habis masa Memorandum of Understanding (MoU).
Yang jelas, lanjut Rudy, pemkot mengupayakan kontrak tetap lanjut tanpa ada perubahan apapun. Baik itu terkait nilai sewa ataupun jumlah trip yang disebut-sebut juga akan dikurangi. ”Kami akan jelaskan jika APBD sudah disiapkan seperti tahun kemarin. Ya, harapannya KAI tidak kaku. Nantinya kalau Jaladara itu tak dijalankan, kan juga malah bisa mangkrak dan rusak,” papar dia.
Terkait hal ini, Kepala Humas PT KAI Daop VI Jogja Agus Komarudin mengungkapkan, kesepakatan nilai kontrak baru akan diputuskan pekan depan. ”Mengenai keputusan kelanjutan kontrak dengan pemkot, nanti bisa dilihat setelah dilakukan tanda tangan kesepakatan,” ucapnya singkat. (ria/un/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.