Harus Kembangkan Wawasan Kebangsaan

302

TEMBALANG – Wawasan kebangsaan mutlak dimiliki oleh mahasiswa agar memiliki rasa cinta tanah air untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, dapat juga menimbulkan kepedulian seseorang kepada lingkungan sekitar.
Hal tersebut dikemukakan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Prof Sudharto P. Hadi dalam acara sosialisasi Ekspedisi NKRI koridor Maluku dan Maluku Utara 2014 yang digelar oleh TNI Kopassus di Ruang Sidang Dekanat FT Undip Tembalang, Kamis (16/1) kemarin.
Prof Sudharto mengungkapkan bahwa mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Tentunya dengan karakter dan wawasan kebangsaan yang luas, akan dapat menjadi amunisi baginya untuk mencapai cita-cita yang kelak ingin mereka raih.
”Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban mahasiswa untuk mengembangkan wawasan kebangsaan sebagai bekal setelah lulus dari bangku kuliah,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Komandan Jenderal Kopasus Brigjen TNI M Herindra MA mengatakan bahwa tujuan dari ekspedisi NKRI adalah untuk mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam. Selain itu, meningkatkan wawasan kebangsaan bela negara dan memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.
”Selama ini kami sudah melakukan ekspedisi NKRI selama 4 tahun. Di antaranya dilaksanakan di Bukit Barisan, Borneo, Sulawesi dan sekarang ini ke Maluku dan Maluku Utara,” terangnya. (fai/ida/ce1)