Tahun Politik, Target Raperda Justru Ditambah

323

GEDUNG BERLIAN – Meski mendekati pemilu legislatif (pileg), DPRD Jateng justru menambah target pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda). Badan legislasi (Baleg) DPRD Jateng melaporkan perubahan penyusunan program legislasi daerah (prolegda) dalam rapat paripurna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Jumat (17/1). Sehingga total jumlah raperda yang masuk prolegda tahun ini menjadi 17.
Perubahan penyusunan program ini mengakomodasi enam raperda yang masuk prolegda di 2013 dan tidak dapat terselesaikan. Ketua Baleg DPRD Jateng Lilik Haryanto mengatakan, tahun ini sebenarnya sudah ditetapkan 11 raperda yang masuk agenda prolegda. ”Ini sesuai keputusan DPRD Jateng nomor 40/2013 tentang Program Legislasi Daerah Jateng 2014. Karena ada 6 raperda yang diusulkan 2013 belum terselesaikan, maka penyusunan prolegda itu diubah,” katanya.
Agar 6 raperda yang tertunda itu bisa dibahas dan ditetapkan pada 2014, ini perlu dimasukkan prolegda tahun ini. Perubahan tersebut sekaligus mengubah keputusan DPRD Jateng. Sebanyak 6 raperda tambahan prolegda itu ialah Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin, Peternakan dan Kesehatan Hewan di Jateng, Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia, Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, RPJMD Jateng 2013-2018, serta Penyidik PNS di Lingkungan Pemprov Jateng. Keenam raperda yang pembahasannya sudah masuk di Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jateng ini diperkirakan bisa selesai dalam satu hingga dua bulan mendatang.
Rapat paripurna perubahan prolegda itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Jateng Abdul Fikri Faqih. Dalam rapat tersebut, anggota Baleg, Madi Mulyana menegaskan, pembentukan prolegda ini penting agar peraturan daerah (perda) tetap berada dalam kesatuan sistem hukum nasional dan memberikan gambaran objektif tentang permasalahan dan pembentukan perda di daerah. Ini sekaligus mempercepat proses pembentukan perda dengan memfokuskan kegiatan penyusunan raperda berdasarkan skala prioritas.
Adapun, raperda lain yang masuk prolegda tahun ini di antaranya Pengelolaan Energi di Jateng, Keolahragaan Daerah Jateng, Penyelenggaraan dan Pembinaan Jasa Konstruksi, Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Brebes-Tegal-Slawi-Pemalang, serta Pembentukan Dana Cadangan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Jateng. (ric/ton/ce1)