Diramaikan 7.500 Peserta, Tempuh Jarak 26 Km

310

SEMARANG – Sebanyak 7.500 peserta akan menyemarakkan acara bersepeda bertajuk ‘Tour de Borobodur Gowes bareng Gubernur’ yang akan berlangsung di Magelang, Minggu (19/1) pagi ini mulai pukul 07.00. Gowes akan menempuh jarak sekitar 26 km, dengan start di Alun-alun Kota Magelang dan finish di kawasan wisata Candi Borobudur.
Menurut ketua panitia, Sukahar, even ini mengandung tiga tujuan yaitu membentuk kebugaran tubuh, mengenalkan dunia wisata khususnya Burobudur dan terkait bidding PON XX/2020 di mana Jateng akan berkampanye untuk pemenangan sebagai tuan rumah PON 2020 dalam bidding PON di Jakarta, Februari depan.
”Kami akan gowes bersama Bapak Gubernur Ganjar Pranowo sembari berkampanye untuk memenangi bidding PON 2020. Kami akan terus sosialisasikan bahwa Jateng siap menjadi tuan rumah PON, sekaligus meminta dukungannya,” kata Sukahar di Semarang, Sabtu (18/1).
Sukahar yang juga wakil ketua umum I KONI Jateng sekaligus ketua tim pemenangan Jateng sebagai tuan rumah PON 2020 itu menjelaskan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang akan membuka dan melepas peserta sekaligus turut nggowes bersama peserta. Dikatakannya, dalam even ini akan diikuti Muspida provinsi, SKPD se-Jateng, bupati/walikota bersama muspida kabupaten/kota, pengurus KONI se-Jateng serta masyarakat umum.
Dia mengakui, kegiatan Tour de Borobudur Gowes Bareng Gubernur yang diprakarsai oleh Pemprov, Dinpora dan KONI Jateng mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Apalagi ada rangsangan lain yaitu pembagian doorprize satu buah mobil, 10 sepeda motor dan 40-an sepeda. ”Semoga ke depan acara ini bisa ditradisikan sebagai upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Dan harapan kita bersama, masyarakat ikut berdoa dan mendukung Jateng sebagai tuan rumah PON,” kata Sukahar.
Soal bidding tuan rumah PON 2020, kata dia, akan dimulai pada verifikasi venues dan kesiapan akomodasi dari tim KONI Pusat pada akhir Januari atau awal Februari depan. Ditegaskan Sukahar, secara umum Jateng sudah sangat siap dengan sarana-prasarana venue yang memiliki standar nasional dan internasional. (bas/smu)