Kader GP Ansor Harus Berkarakter Kuat

345

Kader Harus Berkarakter Kuat
TEMANGGUNG—Sebagai organisasi kepemudaan berbasis agama, GP Ansor Temanggung tidak hanya berkutat pada persoalan keagamaan dan ekstrem dalam menjalankan ajaran agamanya, namun juga keberpihakan pada negara ditempatkan seimbang. GP Ansor akan menempatkan dirinya untuk menjadi benteng pertahanan NKRI sebagai pasukan paramiliter.
Hal tersebut disampaikan Ketua GP Ansor Temanggung, Yami Blumut saat membuka kegiatan pelatihan kader GP Ansor Kecamatan Kledung, kemarin. Selain kuat dalam agama, organisasi ini juga akan menguatkan pengabdian pada masyarakat.
“Kader Ansor harus siap berani berbakti pada agama, bangsa dan negara. Para kader Ansor harus memiliki karakter yang seperti dicontohkan oleh para pendiri NU, yaitu mempunyai karakter yang kuat, tidak mudah diombang-ambingkan situasi dan kondisi sebagaimana arus deras globalisasi,” katanya.
Pernyataan tersebut disampaikan menyusul banyaknya organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang justru digunakan untuk kepentingan negatif dan atau hanya menguntungkan golongan tertentu saja. Sedangkan peran di masyarakat serta pengejawantahan keindonesiaan masih kurang.
“Komitmen kuat terhadap keberlangsungan NKRI dan Islam ahlussunah wal jamaah,” terang pria yang anggota KPU Temanggung ini.
Satkorcab Banser Temanggung, Muhajir, menambahkan, tantangan yang harus dihadapi oleh Ansor kedepan sangat berat. Tumbuh kembangnya organisasi-organisasi baru yang bernuansa politis dan radikal menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi pemuda di bawah Nahdlatul Ulama ini. “Kita harus konsisten pada jalur gerak kita,” katanya. (zah/lis)