Kendaraan Dinas Diperiksa

315

WONOSOBO – Bagian Umum Pemerintah Kabupaten Wonosobo, kemarin (20/1) menggelar pemeriksaan kendaraan dinas yang digunakan pegawai pemkab. Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan aset negara itu dalam kondisi terawat dan laik jalan. Apabila tidak terawat, kendaraan akan ditarik.
Menurut Kepala Bagian Umum Setda Wonosobo, Agus Wibowo kegiatan ini pemeriksaan kendaraan dinas, digelar rutin setiap tahun sekali, tujuannya mengecek kondisi kendaraan dinas yang dipakai oleh PNS di lingkungan Bagian Umum Setda Wonosobo.
“Apakah masih layak atau tidak, sehingga bisa menjamin keselamatan pemakai dan tidak mengganggu kelancaran kerja,”katanya.
Dijelaskan, pemeriksaan ini terhadap kondisi mesin dan surat-surat. Sehingga kelayakan dan perawatan kendaraan dinas bisa terpenuhi, mengingat jumlah kendaraan dinas, baik sepeda motor maupun mobil jumlahnya cukup banyak.
“Untuk pemeriksaan ini, baru kendaraan di Setda Wonosobo, belum termasuk kecamatan,” ujarnya.
Untuk menjamin perawatan, kata Agus, pihaknya juga melakukan pengawasan secara ketat. Tiap PNS pemegang kendaraan dinas, harus membuat surat pernyataan pemegang kendaraan, yang harus dilaksanakan dan ditaati oleh tiap PNS.
”Jika ditemukan ada kendaraan yang tidak layak, karena tidak pernah dirawat oleh pemakainya atau surat-suratnya tidak lengkap, atau sudah tidak berlaku lagi kami akan menarik kendaraan yang dipakai,” tuturnya.
Lebih lanjut Agus mengatakan, hal ini dilakukan agar tercipta tertib pemakaian kendaraan, sekaligus sebagai upaya agar tiap PNS selalu menaati peraturan lalu lintas, sebab bagaimanapun juga PNS harus menjadi teladan bagi masyarakat.
“Kalau ada kendaraan yang tidak layak dan sulit diperbaiki, kami akan mengupayakan penghapusan, mengingat jika dipertahankan, akan membebani keuangan pemerintah daerah,” ungkapnya.
Ditambahkan Agus, saat ini tercatat jumlah kendaraan roda 2 yang ada di Bagian Umum Setda Wonosobo ada 24 kendaraan sedangkan mobil ada 27 kendaraan dari pemeriksaan tersebut ditemukan ada 4 sepeda motor dan 1 mobil yang tidak layak. (ali/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.