Pantura Kendal Rusak Parah

749

KENDAL – Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir membuat jalan raya di Pantura Kendal rusak parah. Lubang-lubang besar dngan diameter kecil hingga besar tersebar di jalan utama yang menghubungkan Kendal dan Semarang.
Dari pengamatan Radar Semarang, sejumlah titik jalur pantura yang rusak parah antara lain Jalan Soekarno Hatta atau depan Makodim Kendal hingga Masjid Agung Kendal, di depan Dinas DPPKAD Kendal hingga pertigaan jalur tembus Ketapang dan sebaliknya, depan pasar Cangkring hingga SPBU Cangkring. Tak kalah parahnya lubang besar dengan kedalaman hingga 15 sentimeter terlihat di pertigaan jalan lingkar Kaliwungu atau depan Pos Pantes Desa Kebonadem Brangsong, pengendara pun harus ekstra hati-hati dan memperlambat laju kendaraannya ketika melintas.
Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, Satlantas Polres Kendal memasang rambu peringatan berwarna oranye di sejumlah titik lubang yang dianggap rawan. Tidak hanya memasang rambu peringatan, anggota Satlantas juga ditempatkan untuk mengatur lalulintas.
Kapolres Kendal AKBP Harryo Sugihhartono melalui Kasatlantas Polres Kendal,AKP Christian AER mengatakan, ada empat titik lubang jalan yang sengaja diberi tanda peringatan. Yakni Jalan Soekarno Hatta depan Mapolres Kendal, Jalan Pantura Kendal di Kecamatan Brangsong dan pertigaan jalan Lingkar Kaliwungu. “Kami mamasang rambu peringatan berupa blok di sejumlah titik kerusakan yang dianggap membahayakan, selain itu kami siagakan beberapa petugas kepolisian di sana,” katanya, Senin (20/1) siang.
Menurut Christian, kerusakan jalan Pantura Kendal terjadi dari perbatasan Semarang –Kaliwungu hingga Weleri-Gringising. Namun ia mengaku belum mendapatkan laporan terkait kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. “ Jalan yang rusak karena tingginya curah hujan dan dilewati kendaraan berat, kerusakannya merata di seluruh Pantura Kendal,” timpalnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kendal, Agung Setiawan, masih mendata kerusakan jalur Pantura Kendal.
“Nantinya akan diberikan ke Dinas Bina Marga Provinsi (Jateng) agar secepatnya diperbaiki. Jalan pantura Kendal merupakan jalan provinsi sehingga tanggung jawab dari Bina Marga Provinsi,” jelasnya. (den/ton)