Jadi Cantik setelah Potong Rambut

294

SIMPANGLIMA — Sebanyak 247 anak berkebutuhan khusus dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang mendapatkan layanan potong rambut gratis, Senin (20/1). Pelayanan dari sebuah produk perawatan dan penataan rambut ini diharapkan mampu mendorong semangat serta rasa percaya diri anak-anak tersebut.
Sejak pagi, anak-anak ini tampak antusias. Kegiatan baru di tempat mereka belajar ini disambut baik. Ada yang meminta potongan khusus, seperti pendek atau beberapa model lain, namun ada juga yang tampak menurut saja dengan penata rambut yang ada.
”Senang ada potong rambut ini, karena jadi cantik. Selain itu dapat sampo juga,” ujar Marta, 9 salah seorang siswa kelas 1 SD LB YPAC.
Panitia Kegiatan Rieska Lidiani mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian program corporate social responsibility (CSR) yang sudah digelar sejak Juli 2013 lalu. Sebelumnya, sudah ada lima sekolah anak berkebutuhan khusus di dua kota yang mereka sambangi. ”Kami membawa 9 penata rambut profesional, karena jumlah anaknya juga lumayan banyak, jadi tidak perlu menunggu giliran terlalu lama,” ujarnya.
Kepala Sekolah YPAC Semarang SLB D, Prayitno merasakan manfaat positif dari kegiatan tersebut. ”Anak-anak lebih ceria dan bersemangat dalam menjalani kehidupan. Semoga melalui kegiatan ini ke depannya anak-anak dapat lebih percaya diri,” ujarnya.
Demikian halnya yang diungkapkan oleh psikolog YPAC, Puji Astuti. Menurutnya, kegiatan-kegiatan baru semacam ini akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak. Seringnya ada pihak ketiga yang mengundang atau menyambangi sekolah ini akan lebih membuka sosialisasi anak-anak. ”Bagaimanapun anak-anak ini juga butuh sosialisasi,” ujarnya. (dna/ton/ce1)