ABTI akan Gelar Kepelatihan

329

SEMARANG – Pengurus Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jateng berencana menggelar pelatihan (coaching clinic) internal pengurus pada akhir bulan ini. Sementara untuk pelatihan eksternal akan dilakukan awal Maret mendatang.
Ketua Harian ABTI Jarot Murdiyanto, mengatakan, pelatihan seperti itu penting guna memperkenalkan olahraga ini kepada masyarakat. Ia mengakui tidak semua pengurus tahu betul permainan dan peraturan olahraga yang bernaung di bawah FIFA ini.
“Selain itu, untuk memassalkan olahraga ini perlu digelar kejuaraan sehingga masyarakat bisa mengenal. Tim yang ada sekarang ini seperti di Universitas Wahid Hasyim bisa diakselerasi,” kata Jarot.
Menurutnya, belum banyak daerah yang mengembangkan olahraga ini. Ia menyebut, hanya Kota Semarang dan sejumlah daerah di sekitarnya yang memiliki tim bola tangan. Namun ia yakin dengan pemassalan dan sosialisasi, olahraga bola tangan bisa diterima masyarakat, seperti olahraga futsal.
Sementara Ketua Umum ABTI Joko Pranawa Adi kembali menegaskan, tantangan utama adalah pengenalan eksistensi bola tangan kepada masyarakat. Cabang yang menjadi anggota resmi KONI Jateng mulai 2014 itu berupaya mengharumkan nama Jateng di kancah olahraga nasional.
Sebagai cabang baru, ABTI Jateng belum dilantik oleh pengurus besarnya. Meski begitu, kata Joko, hal tersebut tidak menjadi masalah. Yang paling penting, hubungan dengan KONI Pusat terus berjalan. (bas/smu)