Bantuan Hibah Diduga Raib

361

SALATIGA — Penyaluran dana bantuan hibah oleh Pemkot Salatiga dipertanyakan. Diduga, bantuan yang sudah lama ditransfer ke rekening warga, belum diterima.
Salah satunya, dialami oleh Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi). Bantuan hibah sebesar Rp 4,9 juta yang dikeluarkan melalui APBD perubahan 2013, hingga kini belum diketahui keberadaannya. Padahal, semua pihak terkait, kecuali bank, menyatakan telah memproses dana tersebut.
”Kami kebingungan dengan dana itu. Kami telah mengurus semua persyaratan, namun saat ini belum juga keluar. Terakhir, saya cek tadi (kemarin, Red) jam 11 siang,” terang Ketua Harian Perserosi Salatiga, Syarifudin.
Padahal, kata Syarifudin, organisasinya sangat butuh dana tersebut untuk mengganti berbagai keperluan atlet guna mengikuti event.
”Jika belum juga cair dan telah melewati tahun anggaran, bagaimana nanti laporan pertanggungjawabannya.”
Ia mengklaim sudah mengonfirmasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Hasilnya, Disdikpora menyebut sudah meminta dina terkait untuk memprores. Dinas juga sudah mentransfer dana dimaksud melalui Bank Jateng.
”Kita sudah mentransfer dana tersebut kepada Perserosi Kota Salatiga atas nama Dhinar Sasongko dan Syarifudin. Seharusnya, sudah bisa sampai ke rekening tersebut,” jelas Fakhurroji, sang kepala dinas yang dimaksud via telepon pribadinya.
Sayangnya, pihak bank belum bisa dikonfirmasi mengenai permasalahan ini. Direktur Bank Jateng Kota Salatiga, Sarwoto tidak bisa dikonfirmasi. Pesan singkat yang dikirimkan melalui telepon pribadinya, tidak dijawab. (sas/isk/ce1)