Mangrove Beri Nilai Ekonomi

339

IKATAN Istri Pimpinan (IIP) BUMN Jateng, kemarin melakukan penanaman Mangrove secara simbolis, di Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian IIP pada lingkungan, khususnya di wilayah pantai.
Ketua Ikatan Istri Pimpinan BUMN Jateng Herrien Adi Prasongko mengatakan tanaman mangrove sangat bermanfaat untuk mencegah abrasi. Menurut Herrien, abrasi secara tidak langsung berdampak pada tersendatnya pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. ”Karena itulah kita dari IIP BUMN Jateng yang terkait dengan persoalan ekonomi di Jateng ini melakukan kegiatan ini,” jelasnya.
Selain mencegah abrasi, tanaman mangrove juga sangat besar manfaatnya. Saat ini, tanaman Mangrove bisa dimanfaatnya mulai dari daun sampai akarnya. ”Namun yang terpenting, dengan banyaknya tanaman mangrove yang ditanam di wilayah ini tentunya dapat mengurangi abrasi yang terjadi akhir-akhir ini,” jelasnya.
Dalam kegiatan tersebut Ketua PKK Kota Semarang Tia Hendi Prihardi, juga ikut hadir. Tia mengatakan, manfaat tumbuhan mangrove adalah menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai. Selain itu dapat menjernihkan air, mengawali rantai makanan, melindungi dan memberi nutrisi dan bahan pembuat obat-obatan. ”Ke depan, tanaman mangrove itu dapat memberi nilai ekonomi bagi masyarakat sehingga taraf hidup mereka menjadi meningkat,” katanya. (hid/smu/ce1)