Temukan Kesalahan Berkas

326

TEMANGGUNG—KPU Kabupaten Temanggung kembali menemukan kekeliruan berkas untuk pelaksanaan Pemilu April mendatang. Kesalahan yang ditemukan adanya sampul suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) bercampur dengan sampul Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
“Sejauh ini, KPU Temanggung terus melakukan pengecekan agar tidak terjadi kesalahan serupa,” kata Komisioner KPU Temanggung, Ari Murti Hendro Wardani.
Menurutnya, temuan tersebut tidak terjadi dalam keseluruhan kantong suara. Hasil pengecekan tahap awal terhadap dokumen yang ada ditemukan sebanyak dua kardus sampul yang berbaur. “Dalam penyortitan logistik Pemilu 2014, terutama untuk sampul surat suara di TPS, kami telah menemukan dua kardus sampul untuk DPD tercampur dengan sampul untuk DPR,” katanya.
Sejak awal Januari 2014 KPU Temanggung telah menerima logistik Pemilu berupa sampul atau amplop dari KPU Provinsi Jateng. Petugas KPU Temanggung kemudian melakukan penyortiran logistik sekaligus memberikan identitas berdasarkan TPS.
Ari mengatakan, mudah-mudahan sampul yang ditemukan tidak dalam satu kelompok tersebut hanya tertukar sehingga tidak mengurangi jumlah sampul yang harus dibagikan ke setiap TPS.
“Mudah-mudahan hanya tertukar dengan isi kardus lainnya. Namun kalau memang ada kesalahan, nanti akan kami laporkan dan minta tambahan sampul yang masih kurang,” katanya.
Ia mengatakan, dari 424 kardus logistik berisi sampul surat suara yang telah diterima KPU Temanggung, yang telah disortir sekitar 30 persen. “Agar penyortiran lebih cepat selesai akan kami lakukan kerja lembur, karena hari pelaksanaan Pemilu semkain dekat. Kami tidak berharap penyortiran ini belum selesai tetapi sudah datang logistik yang lain,” katanya.
Ia berharap logistik yang lain datang sesuai jadwal sehingga tidak akan berbenturan dengan yang lain. Berdasarkan penyempurnaan daftar pemilih tetap, jumlah pemilih di Kabupaten Temanggung sebanyak 579.617 orang yang terbagi dalam 1.881 tempat pemungutan suara. (zah/ida)