2 Prodi FSEI IAIN Raih Akreditasi A

320

NGALIYAN – Dua Program Studi (Prodi) pada Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Walisongo Semarang berhasil meraih akreditasi peringkat A. Dua prodi tersebut adalah prodi Prodi Hukum Perdata Islam (HPI) atau Al-Ahwal al-Syakhshiyah dan prodi Hukum Tata Negara Islam (HTI) atau Jinayah Siyasah.
Dekan FSEI Imam Yahya menjelaskan, keputusan tersebut ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan Nasional melalui SK nomor 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013 dan SK 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. ”Nilai A merupakan sebuah nilai yang menunjukkan bahwa prodi sudah sesuai dengan standar terbaik yang digariskan BAN-PT,” ungkapnya.
Imam menambahkan, dengan mendapatkan peringkat tersebut diharapkan dapat menjadi pemacu prodi-prodi lain untuk meraih peringkat yang sama. Selain itu, juga dapat menjadi pemicu untuk senantiasa meningkatkan layanan akademik dan peningkatan kualitas lulusan FSEI. ”Jadi tidak hanya layanan administrasi saja, tetapi lebih daripada itu layanan akademik juga sangat dipentingkan,” ujarnya.
Imam menegaskan, mendapatkan peringkat akreditasi terbaik merupakan amanat. Oleh karena itu, pihaknya akan terus berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada civitas akademika sesuai dengan standar yang ditetapkan. ”Saat ini kami juga sedang mempersiapkan akreditasi untuk prodi Ekonomi Islam dan Hukum Ekonomi Islam (Muamalat) yang akan berakhir tahun 2015,” imbuhnya. (fai/ton/ce1)