TNI-Warga Bersihkan Sungai

301

KENDAL – Belasan tentara anggota Koramil Rowosari bersama warga Desa Bulak, Kecamatan Rowosari, Jumat (24/1) pagi kemarin, bahu-membahu membersihkan sungai di desa setempat. Tujuannya, mengantisipasi tersumbatnya air sungai, agar saat hujan, air sungai tidak meluap. Sekitar dua jam, anggota TNI dan warga bergotong royong membersihkan sampah dari aliran sungai.
Danramil Rowosari Kapten Inf Hariyono mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagi bentuk kepedulian TNI atas maraknya musibah banjir di Kendal.
”Kami berharap, dengan kegiatan ini, tidak terjadi banjir di Kecamatan Rowosari. Kami pun siap jika masyarakat desa lain membutuhkan bantuan kami.”
Kades Bulak Zaenal Alimin mengatakan, aliran air sungai agak tersumbat, karena penumpukan sampah dan bangunan fondasi di bagian tengah. Dia merespons positif keterlibatan personel TNI dalam kerja bakti tersebut. ”Langkah itu sangat baik, lantaran banjir bisa terjadi di mana saja. Saat ini Kendal juga dalam status siaga bencana.”
Setelah sampah dan bangunan dibersihkan, aliran sungai lebih lancar. Namun, pihaknya mengaku akan mengusulkan ke Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air Energi dan Sumber Daya Mineral agar dibangun pintu pengatur air. (den/isk/ce1)