Ungsikan 30 Warga Lereng Muria

352

KUDUS–Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang berhasil mengungsikan 30 warga Dusun Batu Putih, Desa Rahtawu Kecamatan Gebok Kabupaten Kudus, Sabtu (25/1). Dari 30 warga, 12 di antaranya berusia lanjut dan satu dalam kondisi sakit parah. Karena itu, proses evakuasi dilakukan dengan cara digendong atau dibopong.
Dalam kesempatan tersebut, Basarnas dan tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban tanah longsor di Dusun Menawan yang menelan 12 orang tersebut. Yakni atas nama Suwodo, 55, warga RT 02 RW 06. Korban ditemukan di saluran air, sekitar 100 meter dari rumahnya.
Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono mengatakan total korban yang ditemukan adalah 9 orang. ”Pencarian terkendala oleh terbatasnya peralatan yang digunakan. Pencarian masih menggunakan alat manual seperti cangkul, linggis dan skop,” tuturnya.
Menurutnya, alat berat tidak bisa masuk. Karena itulah, tim SAR hanya dibantu dengan air yang disalurkan dengan pipa kecil dari sumber di atas desa tersebut.
Beruntung, cuaca seharian cukup mendukung upaya pencarian. Tidak hujan, hanya sedikit gerimis. ”Adapun tim SAR gabungan terdiri atas Basarnas, Arhanud Semarang, BPBD, Satpol PP, Tagana dan warga sekitar,” pungkasnya. (ris/ida)