Jadi Peneduh, Tepi Jalan Ditanami

349

WONOSOBO – Banyaknya peristiwa bencana di berbagai wilayah di Jawa Tengah mengundang keprihatinan kalangan TNI. Mengantisipasi meluasnya musibah tersebut, jajaran Kodim 0707 Wonosobo mulai menggelar aksi nyata dengan merencanakan penanaman di wilayah-wilayah rawan bencana.
Mengawali kegiatan itu, Senin (27/1) sedikitnya 40 personel kodim, bersama para pegawai dan masyarakat Kecamatan Kalikajar, bahu-membahu membuat lubang siap tanam. Lubang dengan diameter rata-rata 20 cm tersebut dibuat di sepanjang 2,5 kilometer tepian jalan, mulai Desa Tempel sampai Desa Kedalon.
Menurut Kasdim 0707, Mayor Infantri Suratman, kegiatan membuat lubang tersebut merupakan persiapan dari rencana penanaman serentak pada 8 Februari mendatang.
“Untuk bibit yang akan ditanam, Pemerintah Kecamatan Kalikajar telah menyiapkan 300 batang bibit, terdiri dari beberapa jenis tanaman keras,”katanya.
Semua bibit tersebut, kata Suratman, merupakan hasil pembibitan dari kebun bibit Kecamatan Kalikajar. Sementara, terkait dipilihnya lokasi di tepian jalan raya, Suratman menjelaskan, tanaman tersebut diproyeksikan sebagai peneduh, sekaligus menjadi penguat, agar tidak mudah terjadi longsor senderan jalan.
“Longsornya senderan jalan, akan memicu terganggunya sistem ekonomi warga,” ujarnya.
Camat Kalikajar, Tono Prihantono mengaku sangat mendukung program penanaman, selain menyiapkan bibit dari kebun bibit kecamatan, juga menggerakkan segenap karyawan dan warga masyarakat setempat untuk membantu anggota kodim membuat lubang siap tanam.
“Kami berharap upaya penanaman ini, dapat menjadi langkah antisipasi bencana, khususnya dalam menghadapi cuaca ekstrem akhir-akhir ini,” paparnya. (ali/lis)