Setoran Awal Rp 30 Juta

364

MUNGKID– Bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji sepertinya harus menyiapkan dana awal lebih banyak. Pasalnya, Kementerian Agama menetapkan kenaikan setoran awal dari Rp 25 juta menjadi Rp 30 juta.
Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Magelang, Ahmad Rosyidi mengatakan keputusan kenaikan itu sudah disosialisasikan. Hanya saja pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut. “Sudah pasti naik tinggal tunggu surat resminya,” katanya.
Selain menaikkan uang setoran awal, bank yang diajak kerja sama juga dikhususkan bank syariah. Di Indonesia, terdapat 17 bank baik milik pemerintah maupun swasta yang memiliki sistem syariah.
“Bagi warga Jateng, ada 9 bank syariah yang tersedia dari 17 bank tersebut,” imbuh Ahmad.
Aturan bank penerima setoran tersebut, lanjutnya, saat ini juga masih menunggu keputusan resmi dari pusat. Sementara ini, calon jamaah masih bisa menyetorkan dana awal ke bank selain yang disebutkan.
“Calon jamaah masih bisa menyetor dana awal lewat bank konvensional atau transito seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Peraturan bank penerima setoran ini berdasarkan surat keputusan dari Dirjen PHU,” terangnya.
Terkait kuota jamaah haji tahun 2014 ini, kata Ahmad, yaitu sebanyak 790 orang. Namun demikian, karena ditambah dengan calon jamaah haji yang masuk daftar tunda karena pemangkasan tahun 2013 kemarin, sehingga jumlah jamaah yang akan berangkat tahun ini bertambah menjadi 960 orang.
“Jamaah yang kena pangkas kemarin 170 orang. Tahun ini juga ada pemangkasan. Hal ini berlangsung sampai tahun 2016 mendatang. Sedangkan daftar tunggu untuk calon jamaah haji asal Kabupaten Magelang sampai tahun 2027 mendatang,” urainya. (vie/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.