Banjir Kembali Merendam Karanganyar dan Sayung

351

Saluran Mampet dan Rob Pasang
DEMAK-Banjir kembali merendam ratusan rumah di Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar. Air luapan sungai Serang itu, sulit terbuang lantaran saluran tidak berfungsi maksimal.
Akibat banjir ini, tercatat 1.700 rumah dan 200 hektare sawah kebanjiran. Ketinggian air 50 sentimeter. Selain rumah, akses jalan antar desa yang melintasi kampung tersebut, juga terputus. Banyak kendaraan bermotor yang nekat melintas, ngadat atau mogok di tengah jalan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Bambang Saptoro melalui petugas posko, Agus mengatakan, air kembali naik karena curah hujan masih tinggi.
Menurut Agus, tidak hanya Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar saja yang kondisi airnya naik. Namun, di wilayah Kecamatan Sayung, juga mengalami banjir lagi. “Kalau di Sayung, selain curah hujan tinggi, juga akibat air rob laut pasang. Dampaknya, air sungai sulit membuang air ke laut. Sebaliknya, air kembali ke daratan dan menggenangi perkampungan warga lagi,” ujarnya.
Untuk mengurangi beban warga, BPBD kembali mendistribusikan bantuan logistik. Yaitu berupa beras 400 kg, mi instan 20 dus, telur 20 kg, minyak goreng 20 liter dan bantuan lainnya. (hib/isk)