Jateng Tambah Satu Wasit ISL

473

SEMARANG – Wasit asal Kota Semarang Suyanto akan menambah daftar wasit dari Jateng yang akan memimpin laga Indonesia Super League (ISL) yang akan mulai digulirkan 1 Februari 2014 besok. Sebelumnya, tercatat dua wasit asal Jateng sudah masuk daftar pengadil yang memimpin laga ISL musim kompetisi 2012/2013 lalu yaitu Maulana Nugraha dan Hendri Kristanto.
“Untuk musim ini Suyanto sudah mulai naik memimpin ISL, sebelumnya dia memimpin pertandingan Divisi Utama. Suyanto dan Maulana lisensi terakhir saat ini C 1 Nasional, sedangkan Hendri dia lisensinya sudah FIFA,” terang Komisi Wasit Asosiasi PSSI Jateng, Supriyanto kemarin.
Selain tiga wasit itu yang akan memimpin ISL, Supriyanto mengatakan, untuk kompetisi ISL musim ini Jateng juga mewakilkan dua asisten wasit yaitu Zaenuri (Jepara) dan Fajar Sigit (Banjarnegara). “Kalau untuk asisten wasit musim sebelumnya juga sudah ada nama Maryono dan Sutikno (Semarang). Yang jelas ini memang prestasi sekaligus amanah tersendiri bagi mereka sebagai wakil dari Jateng karena kita tahu ISL merupakan kompetisi paling bergengsi di Indonesia,” lanjutnya.
Sementara untuk kompetisi Divisi Utama, pihaknya mengatakan saat ini PSSI tengah menyaring wasit-wasit termasuk dari Jateng. Pada proses penyegaran wasit yang juga dijadikan sebagai seleksi yang saat ini tengah berlangsung, lanjut Supriyanto, Jateng mewakilkan 20 wasit terbaik mereka. “Jadi untuk saat ini PSSI Jateng mengajukan 20 nama untuk Divisi Utama, tapi mereka masih harus bersaing di penyegaran sekaligus seleksi tersebut,” bebernya.
Yang jelas menurutnya, untuk kriteria wasit yang akan memimpin Divisi Utama saat ini akan lebih ketat. Bahkan Supriyanto mengatakan, proses penjaringan langsung dipimpin oleh komisi wasit dari Asian Football Confederation (AFC). “Akan lebih ketat. Wakil dari AFC turun langsung baik untuk melakukan fitness test maupun saat tes akademisnya,” tandasnya. (bas/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.