NU Fokus Kembangkan Pendidikan

305

MUNGKID– Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Magelang periode 2013-2018 akan fokus memajukan pendidikan di wilayahnya. Salah satunya dengan mewujudkan pendirian perguruan tinggi.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tanfidz PCNU Mahsun Mahfudz usai pelantikan pengurus PC NU di Ponpes Al Asnawi Salamkanci Bandongan, kemarin.
“Salah satu program jangka panjang adalah penguatan pendidikan dasar dan menegah melaui LP Maárif, serta mendirikan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Nahdlatul Ulama,” katanya, kemarin.
Lahan untuk pendirian gedung sekolah seluas 3.600 meter persegi sudah tersedia di belakang kantor PCNU Palbapang, Mungkid. “Saat ini, kami masih terus menjalin komunikasi dengan Kopertis V Jateng, untuk mendapatkan rekomendasi sebagai modal pengajuan izin pendirian sekolah tinggi dimaksud, ke Ditjentis di Jakarta,” katanya.
Selain itu, para pengurus diminta segera bekerja sesuai beberapa program yang
telah tersusun. Antara lain, memajukan lembaga perekonomian syari’ah, dan memantabkan tugas dan fungsi lembaga kesehatan.
“Tentunya kita juga akan melakukan penataan organisasi tingkat cabang, menyusun kepengurusan PC NU 2013-2018, revitalisasi kelembagaan. Juga kaderisasi NU dan penguatan akidah ahlussunnah wal jamaáh (ASWAJA), pemberdayaan ekonomi warga,” kata dia.
Bupati Zaenal Arifin berharap, NU memperkuat jalinan kerja sama kemitraan melalui program yang sinergis dengan program pemerintah daerah. Terutama di tiga bidang yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Yakni, bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian.
“Jalinan silaturahmi dan komunikasi antara ulama dan umaro jangan sampai terputus agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat selaras dengan kehendak, aspirasi dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Magelang demi kemaslahatan umat,” katanya.
Sementara itu, para pengurus kemarin dilantik Wakil Ketua Umum PBNU Slamet Efendi Yusuf. Tampak hadir Bupati Magelang Zaenal Arifin, Wabup HM Zaenal Arifin, Rois Syuriah PW NU Jateng KH Ubaidah Shodaqoh, Kotib Syuriah PW NU Jateng Muzamil, para ulama dan pengasuh pondok pesantren se-Kabupaten Magelang. (vie/lis)