Bencana, Pasokan Minyak Terganggu

312

MUNGKID– Pasokan minyak goreng di Kabupaten Magelang terganggu akibat banyaknya bencana yang terjadi. Hal ini membuat stok kurang dan harga mengalami kenaikan.
Pantauan koran ini di sejumlah pasar tradisional, harga minyak goreng curah naik secara bertahap, dari Rp 11.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 12.000 per kg. Demikian pula harga minyak goreng kemasan naik, dari Rp 11.000 per kg menjadi Rp 13.000 per kg.
“Baik minyak goreng curah maupun kemasan, semuanya mengalami kenaikan harga secara signifikan. Sudah sejak dua minggu lalu” kata Sarwanah, salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Borobudur, Kabupaten Magelang, kemarin.
Hal ini terjadi seiring dengan minimnya pasokan minyak goreng yang diterima Sarwanah. Sebelumnya, pasokan minyak goreng curah mencapai tiga jeriken per hari, namun saat ini berkurang menjadi dua jeriken per hari, di mana satu jeriken berisi berisi 17 kg minyak goreng curah.
Pasokan minyak goreng kemasan yang biasa diterimanya dua kali dalam seminggu, kini hanya diterima satu kali per minggu. Dalam satu kali pengiriman, Sarwanah biasa menerima tiga kardus minyak goreng, namun sekarang berkurang menjadi dua kardus minyak goreng. Satu kardus berisi 12 liter minyak goreng kemasan.
Menurut keterangan dari sejumlah pengepul, Sarwanah mengatakan, kenaikan harga dan minimnya pasokan terjadi karena distribusi minyak goreng terhambat banjir. Minyak goreng curah biasa diterimanya dari Semarang, sedangkan pasokan minyak goreng kemasan berasal dari Jakarta.
Hal serupa juga dikeluhkan oleh pedagang bahan pokok lainnya, Asiyah. Karena pengaruh cuaca buruk dan banjir, dalam tiga hari terakhir, dirinya tidak lagi mendapatkan pasokan minyak goreng kemasan dari Jakarta dan Medan. Padahal, pada kondisi normal, dirinya bisa mendapatkan tiga hingga lima kardus minyak goreng kemasan.
Dalam empat hari terakhir, Asiyah mengaku juga sudah berhenti memesan minyak goreng curah dari Semarang karena harga jual dari tingkat pengepul sudah melambung tinggi mencapai Rp 12.000 per kg. (vie/lis)