Cermat Genapi Kuota Asing

285

SEMARANG – Pelatih PSIS, Eko Riyadi saat ini belum menentukan pilihannya terkait sisa kuota satu pemain asing yang akan direkrut tim Mahesa Jenar untuk menambah daya dobrak mereka di kancah kompetisi Divisi Utama mendatang.
Seperti diketahui, kuota pemain asing Divisi Utama musim kompetisi ini menyusut dari sebelumnya tiga pemain menjadi dua pemain asing saja. Sedangkan saat ini, PSIS telah resmi merekrut satu legiun asing, Ronald Fagundez di pos gelandang. “Kita belum menentukan satu pemain asing itu apakah bek atau striker. Kita masih memimbang untung ruginya,” terang Eko.
Namun jika ditilik dari kekuatan PSIS saat ini, kuota seorang pemain asing tersebut kemungkinan besar akan dihuni oleh striker asing, mengingat di pos tersebut, saat ini PSIS baru memiliki dua striker lokal yaitu Hari Nur Yulianto dan Saptono.
Sedangkan di pos center bek, PSIS tercatat telah memiliki tiga bek lokal yaitu Fauzan Fajri, Abdul Latief dan seorang bek gaek Sunar Sulaiman sehingga sangat memungkinkan untuk sisa kuota asing akan dihuni oleh seorang striker asing. “Saat ini kita juga sedang melihat kualitas satu bek asing yaitu Djaledjete Bidalbe. Kalau untuk striker manajemen juga sedang melakukan komunikasi dengan beberapa striker asing. Ya, kita lihat dulu karena waktunya juga masih cukup panjang,” lanjut Eko.
Sementara terpisah, General Manajer (GM) PSIS, Kairul Anwar mengatakan, PSIS tidak akan terburu-buru untuk merekrut sisa kuota pemain asing tersebut. Selain pertimbangan kebutuhan, pihaknya juga masih menunggu pertimbangan kejelasan aturan mengenai kuota tersebut. “Memang hampir pasti kuota akan turun kalau sebelumnya tiga pemain asing kemungkinan besok dua. Tapi dari PT Liga sendiri kemarin sempat menyarankan kalau mengontrak pemain asing sebaiknya setelah bulan Februari,” terang Kairul.
Selain masalah kuota, Kairul menjelaskan, untuk tahun ini juga ditetapkan beberapa aturan baru terkait penggunaan pemain asing, termasuk batas pendaftaran untuk legiun asing yang baru perdana merumput di Indonesia. “Informasi terakhir, pendaftaran terakhir pemain asing yang benar-benar baru adalah pada 15 Maret. Karena itu terkait dengan ITC (International Transfer Certificate) yang sekarang akan lebih diperketat,” terang Kairul. (bas/smu)