Jalur Kendal-Temanggung Amblas

311

KENDAL–Jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Temanggung di Desa Surokonto, Pageruyung amblas sepanjang 30 meter dengan kedalaman 1,5-2 meter dan lebar 4 meter. Akibatnya, jalan alternatif ini nyaris terputus dan tidak bisa dilalui oleh dua kendaraan sekaligus. Beruntung masih menyisakan satu lajur, sehingga kendaraan yang melintas harus antre.
Menurut informasi yang dihimpun Radar Semarang, amblasnya jalan ini lantaran kontur tanah yang labil. Kondisi itu, diperparah dengan curah hujan yang tinggi sehingga jalan alternatif ini pada Minggu (2/2) kemarin mengalami retakan. Kemudian Rabu (5/2) malam amblas dan hampir tidak bisa dilalui.
Mardiyono, 30, warga setempat mengatakan bahwa retakan terjadi pada Minggu (2/2) petang. Namun karena hujan yang turun begitu deras dan diperparah banyaknya kendaraan besar yang nekat melintas, menyebabkan retakan jalan terus bertambah.
“Retakan terjadi mulai hari Minggu petang. Namun semakin meluas karena hujan yang deras dan akhirnya amblas. Warga disini berinisitif mengatur jalan, agar tidak ada kendaraan yang terperosok,” katanya kepada Radar Semarang, Kamis (6/2) siang.
Rasdi, 55, warga setempat mengaku saat musim hujan setahun lalu, jalan ini juga amblas. Demikian juga dengan jalan di Desa Pegergunung Kecamatan Pageruyung. “Beberapa bulan sebelum Lebaran sudah diperbaiki, namun sekarang amblas lagi,“ timpalnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso, mengatakan bahwa perbaikan jalan adalah tanggung jawab Dinas Binamarga Provinsi Jateng. ”Kami sudah memberlakukan aturan agar bus besar dengan rute Jogjakarta–Jakarta via Sukorejo tidak melintas di jalan ini,” katanya.
Sedangkan Kasatlantas Polres Kendal, AKP Christian AER mengatakan bahwa pihaknya telah memasang tanda di pertigaan Weleri yang melarang kendaraan berat melintasi Jalan Pageruyung yang menghubungkan Kendal dan Temanggung. (den/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.