Pembunuh Nenek Kaya Divonis 17 Tahun

313

MUNGKID—Pembunuh Ny Sunarti, 67, penduduk Ganten, Jurangombo, Kota Magelang divonis bersalah oleh majelis hakim PN Mungkid, kemarin. Terdakwa yang bernama Mas’ud Muqoddam, 44, warga Deket Kulon, Deket, Lamongan, Jawa Timur ini dijatuhi hukuman 17 tahun penjara.
Tukang ojek yang biasa mangkal di seputar Pakelan, Bulurejo, Mertoyudan, dipersalahkan melanggar pasal 340 KUHP. Yakni, melakukan pembunuhan berencana 24 Mei 2013.
”Terdakwa terbukti melakukan perbuatan yang menghilangkan nyawa orang lain,” kata hakim ketua Imron Rosadi, kemarin.
Pertimbangan yang memberatkan antara lain, perbuatan terdakwa itu meresahkan masyarakat. Sedangkan yang meringankan, bersikap sopan dan koperatif, mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya.
Vonis itu sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), ZK Bagus Catur Yuliawan. Menanggapi putusan di atas, JPU maupun terhukum yang didampingi penasehat hukumnya, Supardiyono, menyatakan menerima. Mas’ud nekat membunuh korban karena jengkel selalu ditagih untuk melunasi hutangnya Rp 3 juta. Jumat (24/5) pagi, dia menjemput korban di Kampung Ganten, kemudian dibawa ke sebuah rumah di wilayah Jogonegoro, Mertoyudan, dengan dalih mau melunasi hutang.
Begitu masuk ke dalam rumah, terdakwa langsung merebut tas berisi uang milik korban disertai ancaman. Karena melawan, korban dicekik hingga tewas. Semula, dia bermaksud mengubur mayat perempuan tua itu dalam lubang yang dibuat dalam rumah tersebut sehari sebelumnya.
Tetapi karena ukurannya tidak cukup, terdakwa lalu menyembunyikan mayat korban di bawah kolong tempat tidur dalam kamar. Untung menghilangkan jejak, dalam kepanikannya terdakwa langsung kabur ke kampung halamannya, Deket, Lamongan, Jawa Timur. (vie/lis)