Ormas Siaga Bencana

343

TEMANGGUNG—Organisasi kemasyarakatan turut ambil bagian dalam penanganan bencana. GP Ansor, MDMC dan GUSDURian Temanggung berkomitmen untuk melakukan penanganan dan pencegahan bencana.
Satkorcab Banser Temanggung di Kecamatan Tlogomulyo awal pekan ini menggelar pelatihan kader yang difokuskan untuk penanganan bencana. Pelatihan diselenggarakan di Desa Kerokan, Kecamatan Tlogomulyo. “Kami harus aktif mengambil peran untuk penanganan agar keberadaan kami bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ketua GP Ansor Temanggung, Yami Blumut.
Yami mengatakan, fungsi penting Banser antara lain melakukan fungsi sosial dengan mendarmabhaktikan kemampuannya untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya dilakukan dengan aktif melakukan kegiatan kemanusiaan. “Kader kami siap untuk diterjunkan menangani bencana,” terangnya.
Berkaitan dengan GP Ansor ke depan ada beberapa perjuangan yang sedang dan akan tetap dilakukan yaitu mengawal dan memperjuangkan tentang menolak ratifikasi FCTC dan menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya menolak penggalian pasir di seluruh wilayah Temanggung. (zah/lis)